Memaksimalkan Kerja Otak Dengan Hipnoterapi

LIBERTY EDISI 2302 * 21-30 APRIL 2007

(nara sumber Yus Santos MM CHt Chairman ALFA OMEGA center)


Kemampuan belajar seorang anak bisa ditingkatkan dengan metode hipnoterapy. Bukan membuat si anak cerdas, tapi meningkatkan kemampuannya agar jadi lebih baik. Termasuk kemampuannya menghafal bahasa asing.

Dengan metode hipnoterapi, peran diri si anak akan terbantu, sehingga memudahkan proses belajarnya. Membaca jauh lebih cepat, saat menghafal jauh lebih mudah, karena semua akses pikiran dan otak diset kesana. Menurut Yus Santos, MM CHt, ahli hipnoterapi dari Surabaya.

Hipnoterapi adalah sebuah aplikasi hipnotis untuk kepentingan terapi.berbagai macam penyakit yang berkaitan dengan kejiwaan, seperti ketakutan, stress,atau insomnia, bisa disembuhkan dengan metode ini. “Termasuk semangat belajar juga bisa ditingkatkan dengan hipnotis. Jadi hipnoterapi bisa untuk memperbaiki kebiasaan buruk. Malas belajar itu khan kebiasaan buruk. Memperkuat memori juga bisa, “ujar pria yang meneyelsaikan studinya di UNAIR.

Hipnonis bisa membuat seorang anak yang memiliki konsep diri sulit belajar, menjadi sangat mudah. Karena hipnotis bisa membuat pikiran anak jadi rileks, hingga belajar pun jadi indah, menghafalkan lebih mudah. Ini bisa terjadi dengan membuka akses pikiran bawah sadar yang menyimpan berbagai macam memori. Bila akses ini dibuka, sesuatu yang sudah terlupakan, dengan mudah bisa diingat kembali. Termasuk memori saat masih berumur did bawah 3 tahun, bahkan ketika masih di dalam kandungan sekalipun. Seringkali terjadi pada anak-anak, ketika mereka menghadapi ujian belajar, lupa dengan apa yang sudah dipelajarinya. Tapi setelah ujian, waktu did luar kelas, jadi ingat semua. “itu karena pikiran tegang semua memori seolah-olah tertutup, sehingga lupa. Ini problemnya. Nah, hipnotis sebetulnya merelaksasikan ketegangan itu, sehingga memorinya tidak tetutup lagi, “ papar Yus.

Metode ini bekerja dengan cara masuk ke dalam pikiran bawah sadar yang bersangkutan, dimana terletak berbagai file termasuk data kebiasaan untuk belajar, kebiasaan untuk rajin,kebiasaan untuk mental juara, dan sebagainya itu, “ jelas pemilik Alfa Omega Hypnotherapy Center ini, jadi, lanjut Yus, hipnosis sebetulnya adalah bahsa lain dari relaksasi pikiran itu. “Bila lagu-lagu klasik membantu dalam balajar, sebenarnya untuk merelakskan otak kita,” jelas Yus yang membuka praktek di Ruko Mangga Dua Blok A9-2 Lantai 2, jagir Surabaya ini.

Intinya, saat keadaan relaks, tubuh relaks seperti orang semedi, beryoga, gerbang bawah sadar membuka. Ketika itu membuka, apa saja yang ada did pikiran bawah sadar, seperti konsep diri, percaya diri, fungsi memori, fungsi belajar, dan sebagainya, bisa dimenej. Sebaliknya ketika anak tagang, dengan metode diancam, takut, dan sebagainya, pikiran bawah sadarnya menutup. Yang ada dipikirannya kemudian justru bagaimana menyelamtkan dari ketegangan itu. Otomatis lupa semua dan belajarnya amburadul.

Lebih luas lagi, hipnosis bisa membantu meningkatkan prestasi seseorang, bukan anak-anak saja. Konsep diri seperti konsep belajar, mental pemenang, dan sebagainya itu ada pada setiap oaring. Pada anak-anak, konsep dirinya akan menjadi buruk, bila dipengaruhi oleh lingkungannya seperti TV, koran, radio, yang banyak mengungkapkan kata-kata negative. Sehingga mempengaruhi konsep diri anak. Misalnya, belum-belum si anak sudah berpikiran “ wah sulit berbahasa inggris”. Padahal ketika dia masih balita, saat belum mengenal kosa kata ‘sulit’, sulit belajar apapun mudah. Dengan hipnosis mental-mental buruk semacam itu berusaha ditata ulang.

Hipnotherapy bisa dilakukan pada anak-anak, orang dewasa, hingga orang tua. Yang membedakan hanya tekniknya saja. Contohnya, menghipnotis bayi atau anak-anak did bawah 3 atau 4 ahun yang masih sulit berkomunikasi, bisa did lakukan dengan menggoyang goyangkan sianak saat tidur dan bangun. Saat dia terlena (Istilah jawa: liyer-liyer), berarti pikiran bawah sadarnya terbuka, sehingga sugesti bisa masuk. Untuk orang yang lebih dewasa, dengan bahasa-bahasa yang lebih teknis. Pertama dengan induksi, masuk ke dalam pikiran bawah sadarnya, terus memperdalam relaksasi, baru kemudian hipnoterapinya.. hipnoterapi ini sendiri bisa dilakukan dengan bermacam cara, ratusan cara. “sebenarnya semua adalah terapi sugesti Cuma banyak orang yang meremehkan sugesti. “Ah cuma sugesti” katanya. Padahal hati-hati, sugesti dampaknya sangat kuat. Orang bisa sakit karena sugesti, “tegas Yus.

Pada anak yang suda mampu berkomunikasi, tahapan pertama terapi adalah relaksasi. Setelah masuk relaksasi, relaksasinya did perdalam, hingga seolah-olah seperti tidur. Setelah itu diprogram dengan kata-kata. Kata-kata ini harus positif, terus diulang-ulang, diberi emosi yang dalam, sehingga tertancap pada si anak.induksi untuk merelaksasik anak juga harus dengan bahasa mereka. Misalnya dengan kata-kata “ Ayo Dik, tutup mata, bayangkan kamu berpakaian superman, dan tiba-tiba seperti terbang”. Dan anak sudah bias masuk dalam keadaan hypnosis.

Menurut lulusan Magister Manajemen Universitas Surabaya ini, tingkat keberhasilan metode hipnoterapi sangat tergantung kenyakinan si anak dan kondisi lingkungan anak. Waktu yang diperlukan pun sangat relatif. Agar si anak yang malas berubah menjadi rajin belajar. Rata-rata diperlukan terapi 5 sampai 10 kali sesi. “

Yus menyarankan bahwa lebih bagus bila orang tuanya bisa melakukan terapi sendiri,(karenanya yus membuka training singkat hypnosis untuk para orang tua) supaya setiap hari bisa dilakukan. Karena semakin banyak semakin bagus sesi semakin bagus. Ini untuk menanggulanggi pengaruh kata-kata yang negatif. Ingat, sugesti positif bisa menghilangkan sugesti negatif,”papar Yus.

Setelah menguasai atau menyerap hasil terapi, ‘ilmu’ ini akan melekat. Meski bisa saja tiba-tiba kemampuannya menurun, karena berbagai pengaruh. Tapi ini bisa diprogram ulang oleh dirinya sendiri, dengan metode yang sama seperti saat pertama diterapi.

About Yus Santos

Yus Santos, MM CCht, CI LM-NLP, MT -NNLP. Advanced International Quantum Touch. Mind Mastery With Firewalking Trainer, Clinical Hypnotherapist and Hypnosis Trainer. Parenting dan Pediatric Hypnotherapy Trainer NNLP Master Trainer Mendirikan Alfa Omega Center dan sekaligus menjadi direkturnya. Memegang profesional membership NGH, IACT, AHA, TICHER, Society of NLP, Sociaety Neo NLP Indonesia, IBH, Quantum Touch International, Longetovitologi International
This entry was posted in artikel hypnotherapy, Artikel Mind Mastery, Firewalking,Hypno-NLP, Mind Empow and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

23 Responses to Memaksimalkan Kerja Otak Dengan Hipnoterapi

  1. Buya OBI says:

    Pak, Yos. Saya seorang praktisi pendidikan, yang concern tok pengembangan studi siswa. saya dah baca artikel Bapak. saya tertarik dengan pendekatan hypnosis tok anak dan studi. kalau mau memperdalam hal tersebut apakah pak Yos ada acara pelatihannya di Semarang?. soalnya kalau harus ke Surabaya agak berat, terlalu jauh. bagaimana caranya ya? makasih.

    Pak terus terang meski banyak sekolah telah mengundang kami, namun untuk di semarang kami belum pernah ke sana. Mungkin kalau secara kolektif teman teman Bapak yang juga sebagai praktisi pendidikan mau mengundang kami, maka dengan seneng hati kami bisa memberikan training di Semarang. Atu mau membuat public training di semarang, Bapak bisa menjadi event organisernya
    terima kasih dan sukses
    yus santos

  2. lucu kitty says:

    tolong dong kasih tahu bagaimana cara menghipnotis anak?

  3. lucu kitty says:

    ada tidak lagu yang bisa menghipnotis misalnya untuk menghipnotis untuk memudahkan proses belajarnya. Membaca jauh lebih cepat, saat menghafal jauh lebih mudah

  4. lucu kitty says:

    tolong dong pelatihan nya di tulis di web masalah nya aku gak ada waktu walaupun hari lubur,plissssssssssssssssss

  5. pungki says:

    apakah dengan cara hypnoterapi,kita bisa menjadi becaming a money magnet,trus bgm cara kerjanya

  6. indah says:

    Apakah hipnoterapi bisa digunakan utk mengurangi muntah2 selama kehamilan?Karena saya mengalami muntah2 berlebihan&tdk ingin menggunakan obat2an kimiawi krn membahayakan janin.Klo ada dimana saya bisa mendapatkannya di surabaya?

  7. nitafitria says:

    bagaimana teknik menerapinya bagi mhs di perguruan tinggi oleh seorang dosen agar dalam mengajar di kelas ? padahal kita tahu di jml siswa sangat banyak, apakah mungkin dilakukan hipnoterapi ? ataukah harus individual ?
    mohon penjelasannya secara rinci, agar saya bisa memaksimalkan peran sebagai dosen

    • Yus Santos says:

      Kalau Anda belajar hypnotherapy, akan gampang sekali menguasai kelas. ada banyak teknik dalam hypnosis yang bisa digunakan untuk mengajar dengan baik.
      salam hangat
      yus santis

  8. hari says:

    wah, q jadi tertarik ni setelah baca artikel hypnotherapy,, thanx ya,, q bakalan upload artikel ni di blog q….
    salam sukses

  9. sony says:

    apakah dengan hipnoterapy bisa mengembalikan jati diri/konsep diri pria dewasa (25th) seperti saya? dulu saya mengalami masalah dengan sahabat saya yang akhirnya mengakibatkan down yang sangat dalam, menyalahkan diri saya sendiri secara berlebihan atau mungkin depresi. semenjak itu saya mjd minder dgn orang, cemas, sangat sensitif, sulit bergaul, tdk pcy diri. saya merasa ada yang hilang dari diri saya, tidak mempunyai ‘pegangan’. merasa terbelenggu dgn diri saya sendiri..
    dan itu smua menghambat saya dalam banyak hal.. (background saya pendidikan S1 dan wiraswasta)
    mungkin saya sedikit faham dgn apa yg terjadi dgn diri saya, yaitu alam bawah sadar saya telah berubah semenjak kejadian itu, dan dlm merespon dari luar saya cenderung menggunakan perasaan bkn pikiran yang jernih. akan tetapi saya tidak bisa mengubah lagi alam bawah sadar saya seperti dulu..
    saya ingin menjadi pria normal (yang mpnyai jati diri dan enjoy dgn diri saya sendiri seperti dulu).
    mohon bantuannya Pak Yus.. dan training apa yang tepat untuk saya? trimakasih sebelumnya..

  10. faisal says:

    maaf … waktu dari kecil saya sering mengalami hal aneh… pikiran saya kayak udah tau apa yang harus gue lakukan, udah banyak teman saya yg sakit karena klu aku marah m teman trus saya berpikir bahwa dia akan sakit.. ke esokan harinya pasti dia sakit…. klu sya berpikir dia mo pingsan, pasti dia pingsan. pak tolongin aku coz aku udah gk punya teman lagi, mereka pada kabur semua dekat m aku… aku gk tau gimana cara ngontrol kekuatan yang ad di bawah alam sadar aku. thnks…

    kata bapak saya, waktu saya lahir saya masih terbungkus kayak telur..

  11. Anna says:

    Dear Pak Yos, sy adalh wanita berusia 21 tahun.
    Sy mau menanyakan 2 hal..

    Pertama, Saya merasa sering mengalami kesulitan dalam berkonsetrasi / focus pada satu hal. terutama saat kerjaan yg harus dikerjakan menumpuk..

    DI lain pihak, di saat pekerjaan sedikit, saya sering menunda2 hingga deadline kerja dekat en saya mengalami kejadian sulit berkonsentrasi sept sy sebutkan di atas.

    TErlepas dari kesulitan konsentrasi, akhirnya kecendrungn yg jg srg muncul adlh sy suka membuat keputusan brdasarkan feeling yg tdk berdasarkan data dan fakta. Pemahaman pribadi (semacam prejudice dan pengkotak2an pikiran) jg sering muncul dlm pikiran (lg2 tanpa fakta n data yg jelas).

    Kedua hal di atas sy rasakan sgt mengganggu proses pembelajaran sy. Baik secra teori ataupun praktikal lapangan. Sy berasa susah mempelajari sesuatu yg baru dan akhirnya cepat melupakan hal2 yg sebnrnya telah sy ketahui dan alami.

    Apakah ada refrensi buku atau trik utk mengatasi masalh sy Pak?

    TRus, masalh kedua, sy belum bisa menetapkan tujuan hidup ato lbh aplikatif yaitu tujuan dalm melakukan sesuatu hal. Saya sering tidak yakin dengan tujuan dan keinginan yg ingin sy capai. Apakah tujuan dan keinginan sy itu benar atau salah. Apakah tujuan dan keinginan sy itu bisa diraih atau tidak.

    DIlihat lebih dalam, sy merasa ada suatu pola pemikiran yg menyebabkan sy susah menetapkan tujuan dan keinginan yaitu Sy terbiasa dikontrol org lain utk melakukan sesuatu. Sy terbiasa menunggu orang yg membuatkan “suatu” bagi sy.

    Hal ini juga akhrnya berkaitan dengan kondisi sy yg susah menemukan hobi saya apa, menyukai situasi yg suka apa, susah memahami seni, susah menemukan jenis pekerjaan yg disukai, dll.

    Well, Bpk Yos, yg mau sy tanyakan, apakah ada teknik utk mengatasi pola pikir yg bergantung kepada org lain ini?

    Thankyou,
    Anna

  12. heru says:

    bisakah belajar hipnoterapi dalam sehari.
    apakah semua orang bisa menguasainya, bagaimana kalo tipe orang yang tidak percaya diri, apa juga bisa?
    bagaimana dan dimana belajarnya?

  13. Istiqomah says:

    Dear P. Yus,

    Mohon informasinya, apakah hipnoterapi ini bisa menyembuhkan anak saya yang autis Non Verbal,maksut saya supaya verbalnya bisa saat ini berusia 6 th, Terima kasih,

  14. ahlihipnotis says:

    artikel yg menarik pak yus..good job..:-)

  15. Selalusendiri says:

    Saya pelajar sma di sby , sayaaa ingin di hypnoterapi pak .
    Problemnya :
    1. sulit menghafal materi dalam pelajaran , ini yang membuat saya tertekan / stress / depresi
    2. sulit mendapatkan teman , padahal dilingkungan saya baik baik orang nya
    3. terlalu ego dan seolah mempunyai dunia sendiri dalam kehidupan saya
    4. selalu jarang menepati janji karena kurang pergaulan dalam teman
    5. kurang percaya diri terhadap lawan jenis (saya cowok)
    6. sulit mendapatkan sahabat dalam sekolah / pergaulan

  16. oktastika says:

    Suksesss pak Yus Santos

  17. galuh says:

    Pak Yus yth,
    Saya mempunyai seorang putri yg 2 bulan lagi akan menginjak usia 3 tahun. Dia masih belum bisa berbicara lancar. Kiranya apakah dengan cara hipnoterapi anak saya dapat segera berbicara dengan lancar?

    • Yus Santos says:

      Kami mempunyai beberapa pengalaman serupa, mudah mudahan bisa membantu putri ibu untuk segera berbicara.

    • Yus Santos says:

      Ibu Galuh, Untuk perkembangan bicara, gampang kok melatihnya. bisa juga diberi CD Soundwave therapy untuk fokus dan genius state serta CD kreativitas untuk mengembangkan kemampuan luar biasa dibalik keterlambatan bicaranya

  18. Andi Nugroho says:

    Salam kenal pak Yus, masalah yang sedang saya hadapi adalah anak laki2 saya yang berusia 12 yang sekarang akan memasuki jenjang SMP mempunya permasalah kurang percaya diri dan dalam pelajaran matematika dia selalu down dahulu sebelum mengerjakannya. Dia memiliki hobi bola, mulai nama pemain top dunia, asal club negara dll, dia sangat hafal, ketika dia ditanya masalah pelajaran sekolah dia sering lupa. Ini sekilas permasalahan anak saya pak yus. Apakah bisa dibantu dengan hipnoterapi? Dan kalau boleh tau alamatnya dimana pak? terima kasih….

  19. Khanif says:

    Yth Pak Yus Santos, sy menderita tidak bisa tidur (insomnia), berawal dari trauma sakit vertigo yg sebelumnya tidak pernah sy alami sehingga sy merasa cemas, resah, dan gelisah jgn2 sakit tersebut akan kambuh lagi setiap saat dan akhirnya berakibat tidak bisa tidur selama kurang lebih 1 bulan ini, kalau mau tidur pikiran saya selalu cemas deg degan sehingga sampai pagi hak bisa tidur…mohon bantuan Pak Yus apa bisa keluhan sya ini di sembuhkan seperti sediakala..

    • Yus Santos says:

      Pak KKhanif yang baik, kasus Bapak kemungkinan besar bisa diatasi, kami mempunyai pengalaman mengatasi kasus kasus seperti yang Anda alami, anda bisa kontak sekretariat kami 031.8417786 kalau mau janjian terapi namun kalau tidak punya waktu, anda bisa melakukan terapi di rumah dengan memiliki CD soundwave therapi untuk insomnia dan CD hipnosis untuk mengatasi pusing dan vertigo.
      salam hangat
      yus santos

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s