Seri Children Hypnotherapy

Cara Gampang Melakukan Hiposis pada Anak

Tahukah anda potensi pikiran bawah sadar punya proporsi dan kekuatan 8-10 kali lipat dibadingkan pikiran sadar. Jika sejak kecil anak anak akrab dengan pikiran bawah sadarnya dan kompeten memberdayakannya anak anak akan mempunyai kehidupan yang optimal.

Salah satu teknik memberdayakan dan menjangkau pikiran bawah sadar adalah hipnosis. Teknik hiposis paling dasar dan tetap uptodate untuk dipakai mulai dari anak anak sampai dewasa adalah sugestion therapy atau   memasukkan sugesti ke dalam pikiran bawah sadar.

Teknik hipnosis yang megelaborasi sugesti merupakan   seni komunikasi verbal, intra verbal dan non verbal yang sangat persuasif, bisa disampaikan secara formal dan non formal. Hipnosis formal secara klasik mengguakan langkah langkah preinduksi, induksi, deepening, pemberian hipnoterapeutik dan terminasi. Sedang non formal bisa beragam macam cara tidak harus mengikuti urutan formal, kadang tidak nampak mana induksi mana hipnotherapeuticnya.

Hipnotis informal merupakan teknik komunikasi yang berpola tertentu, yang intinya bisa mem-bypass critical factor sehingga bisa masuk ke pikiran bawah sadar dan bisa melakukan trance work.  Tenik teknik covert hipnosis, conversational hypnosis maupu berbagai teknik indirect hypnosis seperti dipelopori Milton H Erickson adalah contoh hipnosis informal. Bagi anda yang ingin menguasai teknik ini memang perlu bimbingan dan pembelajaran khusus yang lebih serius dibandingkan hipnosis formal.

Untuk meghiposis anak, secara klasik bayak literatur meyebutkan efektif di usia 7 tahun ke atas terutama dengan menggunakan cara hipnosis formal. Dasarnya adalah anak di usia itu sudah secara jelas memahami bahasa verbal dan non verbal.

Gelombang otak (Brainwave)

Perlu diketahui salah satu cara mengetahui aktivitas otak termasuk apakah seseorang sudah masuk ke level tertentu dalam kesadarannya yaitu menggunakan alat Electro Encephalo Grafi (EEG). Aktivitas pikiran manusia dapat diukur dengan  EEG, yang dapat memonitor gelombang otak seseorang yang terkait dengan aktivitas pikirannya.

gelombang otak

Gelombang otak saat hipnosis

Terdapat 4 frekuensi utama gelombang otak, yaitu : Beta (kondisi aktif, berpikir , menganalisa, takut), Alpha (kondisi tenang, relaksasi dan fokus), Theta (kondisi sangat tenang, penuh imaginasi), dan Delta (kondisi tidur, koma).

Masuk bawah sadar bisa terlihat dalam gelombang Alfa dan thetha bahkan kadag kadang meloncat sampai delta. Dari segi gelombang otak, pengertian hipnosis adalah suatu seni dan cara menghantarkan seseorang masuk dalam gelombang trance yaitu alfa dan theta.

Menjangkau pikiran bawah sadar anak dengan mem-by pass critical factors :

  1. Melalui repetisi
  2. Emosi kuat
  3. Relaksasi
  4. Konsentrasi
  5. Kepercayaan

Perubahan perubahan perilaku positif dan berbagai hal perubahan tataran bawah sadar perlu kondisi khusus yaitu kondisi hipnosis yang gelombangya alfa dan theta.

Berbagai Induksi pada Anak

Dalam menghantar anak anak menuju keadaan hipnosis sebagaimana klasik hipnosis aa proses induksi yaitu bagaimana menghantar seseorang dari gelombang betha menuju betha dan theta. Sayangnya banyak hipnotist tidak membedakan cara induksi untuk dewasa dan anak anak, padahal ada banyak perbedaan teknik induksi anak anak dan dewasa.

Seri Terapi  hipnoterapi anak

Berikut ini kami berikan contoh contoh induksi anak anak yang kami adaptasi dari Hypnotherapy Enciclopedia.Adabanyak contoh contoh induksi anak diantaranya :

Tempat Kesayangan (Favorite Place)

Halo dik  (sebut namanya) tentu kamu punya tempat yang kamu sukai, hayo apa nama tempat paling kamu sukai ? bisa ingatkan? supaya mudah kamu boleh menyebutkan tempat itu, tunggu menyebutnya. Oke pernah ke sana ? ketempat itu ? atau malah sering ke sana. Setelah menyebutkan tempat itu.

Nah sekarang, kamu boleh membayangkan tempat yang kau sukai itu, sesaat lagi kamu boleh berada di sini ya di sini di tempat ini tempat yang kamu sukai. Biar lebih mudah, kamu boleh menutup matamu. dan sekarang pergi dan masuk ke tempat yang kamu sukai ini.

Selagi dalam tempat ini, kamu boleh meninggalkan tempat ini sementara kamu membuka mata juga boleh tetap berada di tempat yang kamu sukai ini.

Setelah dikonfirmasi apakah sudah berada di tempat kesukaannya , therapist boleh mengelicit tempat tersebut sehingga visualisasi lebih jelas dan trance lebih dalam. Contoh kamu di dalam ruangan apa di luar ruangan ? apa saja yang kamu lihat dalam tempat ini. Apakah tempatnya berwarna atau hitam putih, kamu boleh memunculkan warna. Nah warnanya apa saja yang bisa kamu lihat sekarang. Bahkan kamu bisa juga mempertajam warna warninya. Sambil menikmati warna warni yang semakin jelas, kamu boleh mendengarkan segala suara dan bunyi bunyi yang ada di sana. Sudah mendengar suara ? suara apa saja yang kamu dengar, bahkan kamu boleh mendengar dirimu tersenyum, melangkah atau suara apa saja. Atau kamu merasakan dan meraba bentuk benda benda di sana.

Lalu utilisasikan berbagai sensasi yang ada dalam tempat tersebut untuk melakukan sugestion therapy pada anak.

Berbagai Binatang  (Multiple Animal)

Halo dik  (sebut namanya) tentu kamu suka binatang yang lucu lucu. Kamu suka binatang kan? Bagus, binatang apa yang paling kamu sukai. Jika klien suka Anjing atau kucing atau kelinci. Oke deh kamu boleh mengimajinasikan anjing kecil yang lucu (atau binatang yang kamu sukai) Biar binatangnya semakin jelas, ok deh kamu boleh menutup mata untuk mempermudah imajnasimu.

Nah sambil menutup mata lihat anjing itu, lucu atau menggemaskan ? Nah kamu boleh panggil anjing kecil itu. Setelah anjing kecil itu di pangkuanmu, Kamu sekarang boleh membelai bulunya yang lembut (kinestetik imagery) lihat warnanya yang terang dan indah (visual imagery) atau warna warna lain. Kamu juga boleh mengubah warna warna itu sesuai dengan warna kesukaanmu boleh polkadot boleh kayak warna zebra atau boleh belang belang coklat, putih atau hitam.

Karena kamu punya pikiran yang luar iasa, kamu boleh mengubah binatang itu dalam pikirannmu sekarang. Kamu adalah bos dari imajinasimu sendiri.

Kamu juga boleh hadirkan anjing kecil yang kedua, warnanya boleh sama dengan yang pertama. Sudah muncul anjing yang kedua ? kalau belum katakan simsalabim anjing kedua bisa muncul. Nah sekarang sudah uncul kan.

Lha sekarang kamu boleh bermain dengannya atau melihat dirimu bermain dengan anjing anjing ini. Juga kamu boleh memilih menghadirkan tiga anjing kecil dan ubah warna warnanya. Dan kamu boleh menceritakan anjing anjing kecil lucu itu kepadaku jika kamu mau. Sekarang nikmati permainanmu sambil duduk santai membelai belai anjing itu dan biarkan dirimu seolah olah lemas tidur bersama binatang yuang lucu lucu ini. sekarang.

Taman Bunga (Flower Garden)

Halo dik  (sebut namanya) tentu kamu pernah melihat bunga, ya benar baru saja kamu katakan bahwa kamu suka bunga. Bunga apa yang kamu sukai.

Sekarang sambil menutup mata biarkan dirimu mengimajinasikan menjadi bunga yang sangat indah dan besar bersama bunga bunga kesukaanmu di taman ini. Nah bunga apa yang kamu lihat, kamu juga boleh memperhatikan warnanya, apa warnanya.

Mungkin kamu juga mempunyai boneka binatang kesukaanmu kamu boleh membawanya bersama. Lihat warna warninya yang indah (visual imagery) bau dan cium dan rasakan rasanya manis dan harum.

Imajinasikan kamu bisa memetik banyak bunga yang besar, bisa untukmu sendiri atau kamu berikan pada orang yang sepesial bagimu. Kamu juga merasaka perasaan bahagia.

Sambil menikmati bunga kamu boleh membawanya menikmatinya sambil duduk atau berbaring dan teruslah menikmati bunga ini sementara mendengarkan kata kata ini membuatmu semakin santai dan rileks bersama bunga yang kamu nikmati. Bahkan kalau kamu menjadi semakin mengantuk biarkan bau harum bunga ini masuk dalam dirimu menjadikanmu semakin santai lelap. Dan kamu boleh membaringkan kepalamu seolah olah tidur nyaman bersama bunga kesukaanmu.

Favorite Activity

Halo dik  (sebut namanya) tentu kamu puya suatu kegiatan yang kamu sukai, bisa berenang, bisa kejar kejaran atau naik kuda. Ayo kegiatan apa yang kamu sukai. Ceritakan kepada saya, apa yang paling suka kamu kerjakan…( dia mengatakan) Bagus ayo kembali dan mari melakukan aktivitas itu bisa dengan membuka mata atau menutup mata meskipun menutup mata menjadikan lebih mudah melakukan aktivitasnya.

Nah sambil menutup mata lakukan aktifitas itu seperti naik sepeda pegangi setirnya kayuh pedalnya dan rasakan kamu duduk di sadel sepeda sambil terus mengayuh semakin kencan. Perhatiannmu pada jalan yang kamu lalui sementara kamu fokus mengayuh sepeda kamu perhatikan jalannya semakin menurun dan sepedamu melaju kencang. Lihat pohon pohon seolah berkejaran, dengarkan suara angin mendesis kamu tetap melaju dan mengayuh sepedamu semakin kenang sementara kamu semakin menikmati aktivitas ini.

Anda bisa melakukan pacing dan leading untuk men-utilisasi apa saya yang menjadi imajinasi anak sementara therapist memberikan sugesti yang direncanakan sesuai dengan kebutuhan klien.

Cloud gazing

Halo dik  (sebut namanya) tentu kamu tentu pernah melihat ke langit dan melihat awan betul kan ? Nah perhatikan langit dan awan yang ada, warna apa yang kamu sukai? Bagus, supaya mudah tutup mata yuk, sekarang imajinasikan awan yang indah di langit dan lihat warananya? Warna apa ? lalu sekarang ubah warnanya menjadi warna yang kamu sukai bagus.sekarang kamu boleh mengubah dengan warna lain atau barangkali kamu boleh memberi beberapa warna lain kamu juga boleh mengubah bentuknya dan terus melihat awan itu berubah bentuk menjadi lebih mengasyikan.

Awan awan yang sudah berubah warna itu sekarang berbentuk apa, liat bagaimana awan awan itu saling berbegangan saling berkejaran, dan kamu berada di situ di antara awan ini. Kamu juga boleh menjadi salah satu bagian adari awan itu, Sekarang nikmati kam sudah berada dalam awan ini seolah terbang kamu menerbangi dan berada dalam awan awan ini.

Nikmati selama kamu terbang kamu menjadi sangat ringan serta nyaman. Kini kamu boleh merasakan dirimu semakin ringan dan rileks, perhatikan bagian mana dari tubuhmu yang sudah   menjadi sangat relaks dan nyaman dan sangat asyiiiikkkkkkkk. Dan teruskan di  awan bahkan kamu boleh tidur berselimutkan awan ini dan nikmati kenyamanannya sementara kamu mendengarkan kata kata yang saya ucapak dan kamu semakin nyaman lelap bersama awan awan ini.

Kaidah Pokok Hipnosis pada Anak

Beberapa kaidah pokok yang bisa dipakai sebagai pertimbangan dalam sesi hipnoterapi pada anak adalah : Menggunakan bahasa positif, sesi sesi untuk anak lebih merujuk situasi informal, bahasa dan pengertian yang digunakan menyesuaikan umur klien, anak anak punya keinginan tinggi dalam berimajinasi, progress sesi bisa cepat bisa sedang dan lambat, hypnotherapist juga menghitung ekspektasi yang tidak di ekspektasikan.

Milton Erickson dalam melakukan hypnotherapy pada anak, menekankan aspek dibawah ini :

  • Setiap orang adalah unik , anak mempunyai keunikan yang harus diperlakukan unik.
  • Hipnosis adalah proses komunikasi ide
  • Setiap orang punya sumberdaya yang bisa menghasilkan sesuatu.
  • Trance berpotensi menghasilkan sumberdaya
  • Trance merupakan hal alami
  • Perubahan tranformasional merupakan serangkaian koreksi lebih dari sekedar koreksi kesalahan.
  • Keunikan manusia dapat diapresiasikan pada banyak level.
  • Unconscious dapat beroprasi otomatis dan menghasilkan sesuatu.

Apa yang bisa dilakukan Orang Tua

Ketika seseorang menjelang tidur hipnogogik,ada penurunan gelombang otak yang menyebabkan terjadinya perpindahan area, yaitu dari Beta, turun ke Alpha, kemudian turun lagi ke Theta, dan akhirnya memasuki tidur sempurna yaitu Delta. Hal ini juga berlaku bagi anak-anak. Atau menjelang bangun tidur ada penaikan gelombang dari delta tidur ke theta dan alfa hingga bangun sadar sepenuhnya gelombang betha.

Berdasarkan prinsip  tersebut orang tua bisa melakukan sugesti tanpa induksi formal, dengan memanfaatkan keluar masuknya ke dan dari gelombang alfa thetha. Saran atau sugesti untuk anak dapat mulai diucapkan ketika anak mulai tertidur, karena tidur di awal ini belumlah tidur sempurna (Delta) melainkan suatu kondisi dimana pikiran bawah sadar memiliki sifat paling reseptif (Theta).  Sugesti ini justru didengarkan dengan baik oleh pikiran bawah sadar mereka, sehingga berproses kepada perubahan perilaku sesuai dengan yang diinginkan.

Cara lain orang tua menggunakan cerita menjelang tidur dan dalam cerita tersebut memasukkan sugesti yang berguna dan dongeng ini bisa menembus critical faktor dan dicerna dan direaspi oleh pikiran bawah sadar. Meski kadang anak sudah tertidur sebelum dongeng selesai.

Hal terpenting yang patut diketahui oleh masyarakat luas adalah jika sejak kecil anak anak akrab dengan pemberdayaan pikiran bawah sadar, anak anak akan hidup dengan potensi maksimal yang dimilikinya sehingga hidupnya akan dipermudah. Hipnosis adalah salah satu cara untuk menjangkau dan memberdayakan pikiran bawah sadar.

Yus santos

Pediatric Hypnotherapist Trainer

NB.

  1. Anda sudah menyadari pentingnya melakukan hipnoterapi pada anak . Dan jika anda anggap pembelajaran adalah investasi di masa depan maka silahkan join program kami atau klik, anda bisa belajar pediatric hypnotherapy dan hypnoparenting.

http://bit.ly/1Qhd5Rh

2. Anda bisa mereprogram anak anak anda sehingga dapat therapy di rumah dan diberdayakan bawah sadarnya dengan klik link ini :

http://bit.ly/1WspV3c

3. Jika Anda ingin tergabung dalam pembelajaran NLP Parenting gratis di grup WA silahkan send nama anda di WA 0817774124.

9 Responses to Seri Children Hypnotherapy

  1. amel says:

    Trims infonya….bagus sekali utk guru tk

  2. wahyu soesanto says:

    apakah anak yang kurang mau belajar, kurang mandiri dan kurang bertanggung jawab pada dirinya sendiri bisa diperbaiki sikapnya melalui terapi ini?

    • Yus Santos says:

      Bpk Wahyu Soesanto Justru hypnotherapy pada anak memecahkan masalah itu namun demikian juga harus bekerja sama dengan orang tua. ada dua pendekatan yang pertama dilakukan therapy langsung pada anak dan reedukasi pada orang tua kemuadia jika tidak sempat datang ke klinik kita bisa dengan membeli CD hypnosis untuk keperluan anak anda tanpa perlu datang ke klinik kita.
      wasalam
      yus

  3. dian says:

    Pak yus yg baik,

    Anak saya umur 4 tahun susah sekali diajak untuk BAB di toilet. Semua bujuk rayu, iming iming ataupun pemaksaan sdh sy lakukan. Terkadang hal ini membuat sy stress. Apakah anak dgn kasus sprt ini dpt di hipnoterapi?. Demikian disampaikan. Mohon panduannya. Terima kasih

  4. wiwin says:

    Pak Yus, bagaimana caranya memperoleh CD nya? Dan harganya brp ya? Terimakasih infonya

  5. khair says:

    Salam bang Yus
    Gmana cara kita untuk mengembalikan pikiran anak itu dari alam bawah sadar ke alam sadar (seperti semula )

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s