Model Teknik Hypnotherapeutic Pada Anak

Tahukah Anda  anak anak bukan manusia dewasa yang bentuknya kecil. Anak anak punya keunikan sendiri. Sehingga filosofi hypnotherapeutic atau trance work pada anak punya spesifikasi tersendiri. Salah satu matrik filosofi terapeutic pada anak dirumuskan oleh Oldness-Kohen

Menurut Oldness-Kohen beberapa teknik hipnoterapi yang umum dapat dilakukan pada anak yaitu : Supportive,

1. Ego Enhancing Methods ;

2. Symptom Oriented Methods ;

3. Dynamic, Insight Oriented Methods

  1. Supportive, Ego Enhancing Methods

Tujuan : Membantu anak untuk merasa dirinya layak dan lebih mampu mengatasi tantangan dan masalah dengan lebih efektif.

Bantuan yang diberikan oleh terapis : mengarahkan anak untuk lebih bisa berkontribusi terhadap kebaikannya sendiri dan bisa MENGKONTROL lingkaran eksternal dan internalnya.

Kasus apa saja sih yang bisa di bantu menggunakan jurus Supportive, Ego Enhancing Methods?

Kasus takut ke dokter atau sangat cemas jika berada di ruang dokter; mules dan pusing saat berada di sekolah atau kelas, ADHD, tidak bisa duduk tenang, minder, manifestasi dari penyakit tertentu, dan beberapa kasus lain, yuk hubungi kami sekarang untuk lebih jelasnya…kami siap berkonsultasi sesuai dengan keunikan Anda dan anak Anda J.

Hasil akhirnya dapat membuat anak :

* Enjoy dan sangat nyaman dengan sekolah, tempat dokter dan di manapun dia berada.

* Merasa otot – otot lebih kuat, daya tahan tubuh meningkat, dan tubuhnya sehat.

* Lebih percaya diri atas prestasi yang sebelumnya pernah diraih.

Salah satu frase kalimat Supportive, Ego Enhancing Methods

“ingatkah saat dahulu belajar berlari jarak jauh? Apakah sejak lahir dari kandungan ibu, Anda langsung bisa berlari? Anda berusaha merangkak dahulu bukan, terkadang terguling kanan, kiri, lalu kehilangan keseimbangan, terjatuh, lalu Anda kecil tidak putus asa, berusaha berdiri… setelah berhasil berdiri, Anda tak sabar ingin berjalan cepat dan berlari menghampiri orang tua Anda.. yap Anda berlarii… meski otot Anda masih menyesuaikan keseimbangannya.. mungkin Anda terjatuh saat berlari.. Anda menangis, namun Anda segera berdiri.. dan mencoba lagi berlari sampai lancar.. dan ketika berhasil.. rasanya begitu menyenangkan..Anda bisa.. Anda berhasil… Anda berlari ke sana sini dengan tawa dan menikmati hidup menikmati hasil kerja keras Anda dan siap untuk menghadapi hal di depan Anda dengan jauh lebih berani dari sebelumnya. Karena Anda tahu Anda bisa!”

Permasalahan yang saya pernah temui dan praktekan :

Laki – laki, SMP kelas 1, sangat pendiam namun kurang bisa mengatur emosi kata orang tuanya. Setelah saya cek ke anaknya. Alaaahhh.. ternyata si anak bilang mamanya kalau marah lebih parah dari dia, bentak – bentak sepanjang hari, tidak mau dengar alasan, melarang ini itu tanpa memberi alternatif selain si anak hanya di suru belajar dan belajar… padahal si mama gak tau dia sudah belajar, karena si mama di tempat kerja. Jadi si anak enggan dan malas mau belajar atau melakukan apapun selain bermain, karena percuma untuknya tetap saja dapat marah.

Apa yang saya lakukan? Ada perpaduan dari Supportive, Ego Enhancing Methods berikut frase nya :

Ok.. sekarang bisa marah – marah ya.. protes ke mama gitu? Nah.. sekarang selama ini kan kamu udah berusaha melakukan yang terbaik.. dari kecil sampai sekarang kan kamu tahan to digituin sama mama? Kalau gak tahan… mau kah kamu mencoba cara yang lain untuk membuat mamamu sesuai dengan keinginanmu? Toh kamu kan cerdass… pingin kan semuanya damai dan enak, mama senang, kamu senang? Nahhh.. kamu udah luar biasa banget… buktinya sekarang kamu udah lulus SD meski mama begitu.. dan banyak pertengkaran di dalamnya.. meski kamu pakai cara mu sendiri belajar yang pakai harus ribut ama mama dan nilaimu sekarang di SMP yahh.. kamu tau kann.. resikonya bisa gak naik.. nahh.. sekaranggg kita gunakan cara yang lebih keren lagi dari keberhasilanmu 6 tahun di SD naik kelas terus yuk.. mau kann? Pinter, cerdas, keren..wah pasti banyak yang muji kamu ntar… sekarang SMP lebih keren lagi yuk.. rajin, OSIS, tim bola sekolah.. nilai bagus, wahh keren… mau kan? Kalau mama marah di cun ajaaa… kayak jaman kamu kecil… mama marah ya kamu senyum.. bilang : “aku sayang mama” masak iya kamu bilang gitu trus mama mukul… kamu gengsi? Pilih gengsi atau pilih sayang? Pilih ngalahi gengsi sekarang atau ribut selamanya? Kamu bisa kok… kamu baik hati, dan kamu sangat kenal mama mu… J mau kan ya?

Hasilnya : “ya ya ya dan yaa…” besoknya balik udah senyum ke mamanya dan rajin belajar dan gak bentak balik klo mamanya marah…

2. Symptom Oriented Methods

Menekankan pada : GEJALA dan SIMPTOMATIS

Tujuan : terapeutik yang menghilangkan atau mengatasi symptom natural baik fisik atau emosional.

Kapan jurus Symptom Oriented Methods ini perlu?

Bisa jadi Anda atau anak Anda mengalami kesulitan saat mengingat kejadian yang phobia atau traumatik, sulit mengontrol berbagai rasa nyeri, sulit mengkontrol kebiasaan buruk dan berbagai hal lain, TETAPI anda MALAH SERING MEMBERI RESPON POSITIF terhadap SIMPTOM atau GEJALA yang NEGATIF yang Anda tunjukkan.

Bagaimana Symptom Oriented Methods bekerja?

Dengan metode pendekatan simptomatis, atau fokus pada gejala yang muncul maka akan sangat membantu bagi Anda yang serius ingin menghilangkan gejala tersebut.

PERHATIAN KONTRAINDIKASI : teknik ini tidak boleh dilakukan jika symptom atau gejalanya ternyata melindungi Anda atau klien dari penyakit yang berat seperti depresi dan penyakit berat lainnya.

Pengalaman saya :

Klien saya pernah punya ketakutan terhadap sekolah, ia stress yang termanifestasi dengan gejala mual, keringat dingin, mau pingsan, kikuk, mencret saat mau memasuki ruang guru untuk keperluan apapun, padahal dia masih sekolah dan perlu masuk ke sana untuk bimbingan atau menemui guru. Setelah ditanya lebih dalam, ternyata ada respon POSITIF dari LINGKUNGAN yang mengetahui GEJALA tersebut salah satunya : teman- teman memaklumi, mengasihani kemudian menggantikannya masuk ke ruang guru untuk menyelesaikan pekerjaan si anak itu di ruang guru. #alias titip pesan, titip tanda tangan. ——- dari respon positif ini klien saya ternyata merasa nyaman karena tidak perlu menemui guru, berdebat dengan guru, atau apapun itu yang berkaitan dengan guru.

Sekarang ia datang menemui terapis karena ingin menyelesaikan gejala mules dan pusing dan sebagainya karena sangat menggangu ketika tugas harus dilakukan sendiri dan teman tidak boleh menggantikan, dan ia takut kalau sampai besar tidak bisa bekerja karena tergeneralisasi pada pihak otoritas lainnya.

PENANGANAN :

“Ok.. gejalanya paling sering muncul di mana? Di perut ya? Mules, mencret ya tadi? Atau malah di seluruh tubuh? Tarik nafas duluu.. rasakan udara di sekitar membawa kesegaran dan penyembuhan…. sekarang katakan tanyakan pada diri mu, mengapa kok harus mencret, mules, dan sebagainya? Bolehkah di ganti dengan hal yang lain…seperti semakin berani, berani dan lebih berani… semakin semangat, kreatif dalam mencari penyelesaian masalah, sekreatif dirimu yang sekarang mencari cara mencret dan yang kamu rasakan sekarang ketika menghindari gurumu? Semakin kamu berpikir semakin kreatif mencari cara lain, semakin semangat dan kreatif cari cara untuk menghadapi dan berteman dan bekerjasama yang menguntungkan dirimu dengan gurumu… kreatif dan begitu semangat sekali untuk masa depanmu, mencari informasi, berbagi, belajar dan bekerjasama sekompak mungkin dengan guru atau siapapun yang pemegang control atau keputusan….

Hasil : menemukan cara kreatif untuk menghadapi guru, berani masuk ke ruang guru, bertanya, diskusi, mendapatkan nilai baik, banyak dapat info referensi buku dari guru secara cuma – cuma. Dipercaya untuk membantu guru. Ketika masih terkadang tegang dalam suatu situasi, pikiran tetap fokus, tapi kadang tetap mencret. Mencret secara kreatif diubah dan di geser menjadi suatu proses pembuangan racun dan lemak di dalam tubuh, untuk mendapatkan tubuh ideal dan otak yang cerdas.

3. Dynamic, Insight Oriented Methods

SPESIAL untuk KLIEN yang SUDAH BENAR – BENAR MENGERTI PERMASALAHANNYA SENDIRI J

*NB: tahukah Anda kebanyakan orang yang dianggap tidak sehat mental biasanya tidak tahu bahwa dirinya sedang terganggu dan butuh bantuan? Jadi kalau Anda masih terbuka terhadap bantuan dari orang lain untuk mengenali dan mengklarifikasi kemudian menentukan langkah perbaikan dan pemberdayaan diri Anda untuk menyelesaikan masalah Anda, maka Anda patut bersyukur lhooo.. Anda masih sehaaaaaaaaaaattt….. dan menemukan cara untuk lebih sehat dari sebelumnya, memperbaiki yang konslet sedikit.

Jadi jika klien sudah tahu masalah yang dialami dan kita akan membantu bagaimana cara mengatasi masalahnya dan mendapatkan insight atau makna baru sehingga dapat terjadi pergeseran yang menjadikan dirinya lebih dewasa. Dan dapat menyadari aspek kognitif, afektif, dan psikomotoris serta sosialisasi dengan lingkungan.

Bagaimana Dynamic, Insight Oriented Methods dengan bantuan terapis bekerja?

Adanya pemberian makna baru dengan cara yang dinamis dan dapat mengatasi berbagai masalah, menjadi melihat masalah dari berbagai macam perspektif yang mendalam dan lebih mementingkan proses yang telah terjadi.

Pengalaman saya, masih kasus yang sama dengan kasus sebelumnya tentang anak SMP yang malas pada kasus Supportive, Ego Enhancing Methods :

Si anak datang memang karena di suruh orang tua, terutama mama, dan dia hanya diantar ayahnya karena mama bekerja. Namun si anak tahu betul bahwa ia datang untuk membuatnya lebih baik, dan ia tahu masalahnya adalah malas untuk belajar, dan ia bersedia untuk melakukan perubahan.

Penanganan :

Memberikan pergeseran makna dengan beberapa frasa untuk menimbulkan insight atau makna baru yang dinamis :

“kalau kamu pintar dan rajin belajar apakah mama dan papa akan lebih sayang padamu? Atau setidaknya dirimu akan lebih bangga dengan dirimu sendiri, dipuji banyak orang?”

“apa yaaaa menurutmu yang akan terjadi kalau kamu hanya tidur – tiduran dan malas belajar? ; ahh atau kalau orang tuamu juga melakukan hal yang sama denganmu… kamu besok makan apa yaa.. tinggal di mana yaa… tau kan kalau mau apa – apa sekarang butuh uang dan bekerja?, kamu kerja apa yaaaa enaknyaa? ”

Ok, demikian sedikit sharing dari saya, nampaknya tulisan ini masih singkat sekali dan kurang mendalam… akan lebih mendalam lagi jika Anda sekarang langsung kontak kami untuk menyampaikan permasalahan Anda supaya kami dapat memberikan penjelasan yang lebih jelaasssssss lagi.. dan semoga dapat membawa Anda ke kekesejahteraan tertinggi Anda J

Yus Santos dan MayaHugeng

About Yus Santos

Yus Santos, MM CCht, CI LM-NLP, MT -NNLP. Advanced International Quantum Touch. Mind Mastery With Firewalking Trainer, Clinical Hypnotherapist and Hypnosis Trainer. Parenting dan Pediatric Hypnotherapy Trainer NNLP Master Trainer Mendirikan Alfa Omega Center dan sekaligus menjadi direkturnya. Memegang profesional membership NGH, IACT, AHA, TICHER, Society of NLP, Sociaety Neo NLP Indonesia, IBH, Quantum Touch International, Longetovitologi International
Aside | This entry was posted in artikel hypnotherapy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s