Hipnoterapi Anak dan Berbagai Penelitian

Posted on December 14, 2011 by

Hipterapi pada anak atau Pediatrics Hypnotherapy, secara tertulis pertama kali dijelaskan oleh Dr Mesmer tahun 1779, yang melakukan hipnoterapi, istilah waktu itu magnetisme untuk menyembuhkan anak yang mempunyai masalah gangguan penglihatan. Meski setelahnya sejarah mencatat tidak banyak penggunaan hipnoterapi pada anak, bahkan sebagian besar hipnoterapist berpendapat anak anak tidak bisa dihipnosis.

Pada tahun 1945-1960 Milton H Erickson tokoh besar hipnoterapi juga melakukan banyak terapi pada anak. Pada tahun 1970,berbagai ahli hipnoterapi mulai menunjukkan perhatian besar pada anak. Dan ternyata berbagai pengamatan pengalaman mereka menunjukkan bahwa anak-anak lebih mudah dihipnosis daripada orang dewasa.

Penelitian ilmiah mengenai penggunaan hipnosis pada anak, sudah dilakukan sejak lama. Merujuk penelitian yang dilakukan oleh O’Grady dan Hoffmann (1986), menguji efektivitas hipnosis dalam penatalaksanaan di bidang pediatrik (ilmu kedokteran anak). Para peneliti ini melihat kasus di mana anak-anak menggunakan hipnosis. Memeriksa salah satu rumah sakit anak tertentu, mereka menemukan bahwa 5% dari anak-anak dirawat menggunakan hipnosis, ternyata menunjukan hasil yang menggembirakan untuk mengatasi gejala penyakit yang mereka punyai.

Studi ini menarik benang merah keefektifan hipnosis pada anak anak terutama,bagaimana anak anak sewaktu mendapat hipnosis bisa memperbaiki berbagai gejala di tiga bidang tertentu. Pertama, bagaimana hipnosis anak memungkinkan anak-anak untuk mengontrol rasa nyeri dan sakit yaitu mengurangi derajat keparahannya serta dan mengurangi frekuensi dan periode sakitnya. Kedua hipnosis pada anak juga dapat mengatasi kecemasan pada anak-anak. Dengan hipnosis, anak bisa rileks pikiran dan fisik sehingga berbagai kecemasan dan stress bisa direduksi. Ketiga adalah bad habit atau kebiasaan buruk anak bisa dihilangkan.

Hipnoterapi pada anak banyak menggunakan kekuatan sugesti serta berbagai teknik yang lain yang memungkinkan anak menggantikan perilaku serta kebiasaan negatif menjadi positif. Dalam penelitian itu, ternyata beberapa faktor keberhasilan hipnoterapi pada anak adalah kemampuan anak untuk dihipnosis atau tingkat hipnotisability anak, harapan terhadap hipnoterapi, kedekatan atau raport anak terhadap hipnoterapist lebih lengkapnya adalah kerjasama anak, orang tua dan hipnoterapistnya dalam hal ini dokter anak.

Penelitian lain yang dilakukan Goldberg tahun 1987 yang melihat dari sisi psikoanalisis dalam mengubah perilaku. Goldberg menemukan bahwa perubahan perilaku anak melalui psikoanalisis lebih efektif bila dikombinasikan dengan hipnoterapi.Karena perilaku bersumber pada program pikiran bawah sadar. Sugesti positif hipnosis bekerja di tataran pikiran bawah sadar atau mereprogram pikiran bawah sadar anak sehingga perilaku negatif bisa bermutasi menjadi perilaku positif.

Dr . Kohen dan Olness mereka adalah dedengkot pediatric Hypnotherapist meneliti 505 anak dan remaja dalam perawatan selama satu tahun dengan berbagai kondisi: kecemasan, nyeri, asma, kebiasaan buruk, (misalnya menghisap ibu jari), mengompol, dan encopresis (buang air besar disengaja). Mereka mendapat hipnoterapi dan hasilnya 51 persen atau kurang lebih setengahnya sembuh total, sepertiganya atau 32 persen menunjukkan perbaikan yang signifikan, 9 persen menunjukkan perbaikan kecil. dan hanya 7 persen menunjukkan tidak ada respon.

Menurut Gardner (1981) seorang ahli pediatric hipnoterapi menekankan pentingnya mengajarkan hipnosis diri sendiri (self hypnosis) sangat bermanfaat untuk anak anak. Mengajarkan self hypnosis terbaik manakala anak dan orang tua sama sama terbuka dalam pembelajaran ini dan rajin berlatih. Dengan pembelajaran bersama, menjadikan anak mudah melakukan self hypnosis dan bisa secara spontan menggunakannya.

Dengan demikian mereka bisa mengendalikan diri dan mengatasi terhadap berbagai simpton penyakit. Baik penyakit akut dan kronis, termasuk gangguan perilaku seperti ADD, ADHD, hipnoterapi anak bisa memperbaiki gejala gejala penyakit tersebut secara alami dan aman. Kasus Medis dan Non Medis pada Anak Lebih dari itu ternyata hipnoterapi pada anak atau tepatnya pediatrics hypnotherapy bisa sangat efektif untuk mengatasi berbagai penyakit psikis dan fisik pada anak anak dan remaja.

Kasus kasus pada aplikasi medis dan psikologis yang bisa dibantu dan menjadi area pediatric clinical hypnotherapy adalah :

A. Kasus psikologis

• Trauma ( bentuknya bisa fisik, seksual, verbal abuse), penyebab trauma bisa bencana, teror, perang, berbagai kasus kecelakaan.

• Habit disorder (Trichotillomania/cabut rambut,kecemasan atau ansietas, enuresis, encopresis, isap jari jempol, gigit kuku, terlalu banyak makan, obesitas, stammering/stutering atau gagap, tics.

• Depresi, ansietas atau kecemasan meliputi gangguan panik, berbagai macam phobia, separation anxiety, Obsesive Compulsie disorder, General Anxiety Disorder, Post Traumatic Stress Disorder.

• Somatoform disorder ; Psikosomatis, abdominal pain atau nyeri perut

B. Kasus medis

• Akut, berbagai nyeri mendadak, trauma fisik atau luka fisik, serangan astma mendadak.

• Kronis, nyeri kronis , kasus alergi , dan Mual dan muntah pada kemoterapi. Beberapa studi yang membandingkan hipnoterapi anti-mual dan teknik relaksasi yang sederhana menunjukkan bahwa hipnoterapi ditambah obat lebih efektif daripada obat-obatan sendiri dalam mengurangi mual dan muntah. Anak yang diobati dengan hipnoterapi sudah mual kurang pra-dan pasca-kemoterapi dan muntah, berbagai penyakit menahun lainnya. Nyeri kronis pada pasien kanker Hasil awal dari studi kecil yang menunjukkan hipnoterapi yang dapat digunakan untuk mengelola rasa sakit kronis pada anak-anak dengan kanker, penelitian yang lebih besar yang mungkin dilakukan. Cystic Fibrosis (CF) Sebuah studi pada orang dewasa dan anak-anak dengan CF menunjukkan hipnoterapi yang dapat mengurangi gejala batuk, sesak napas, gelisah, dan masalah lainnya yang biasa dihadapi oleh pasien. Asma krosnis Laporan kasus menunjukkan hipnoterapi anak dapat mengurangi episode mengi atau sesak napas, dan dapat menurunkan ketergantungan pada obat asma

• Paliatif, ditekankan bagaimna melakukan survival dan bagaimana menguatkan terutama anak anak yang mengetahui bahwa dirinya dalam keadaan dying, Kanker stadium akhir pengendalian nyeri, ketidaknyamanan karena penatalaksanaan kanker, pengobatan dan medis dan gejala lain

• Pengobatan: Kesulitan menelan obat, suntikan, dan medis prosedur Hipnosis telah terbukti sangat efektif dalam membantu anak-anak menghadapi berbagai prosedur yang menyakitkan, seperti injeksi, pengambilan sumsum tulang tulang belakang.

Sedang kasus kasus yang banyak dihadapi hipnoterapi anak di ruang prakteknya sebagaimana dicatat oleh yang non medis Donald J Motin menggarisbawahi ada lima hal          (five categories in hypnosis session) yang diperhatikan yaitu :

1. Habit Patern atau pola kebiasaan seperti ngompol, gigit kuku, kelebihan makan, pola tidur, mengisap jempol, bisa juga ditambahkan kebiasaan meludah di sembarang tempat

2. Fears berbagai ketakukan yang jamak pada anak anak seperti takut binatang, takut sendirian, takut gelap, takut dokter,takut monsters, takut jarum,takut kilat dan takut menghadapi tests

3. Behaviors, berbagai perilaku olah raga, mencuri, rasan rasan

4. Performance, berbagai hal menyangkut performa termasuk prestasi nilai di sekolah, pola membersihkan kamarr, membaca, menyelesaikan pekerjaan rumah (PR) dan olah raga.

5. Self Image, citra diri yang terkatogorikan perasaan bersalah, kebahagian, night mare, percaya diri, harga diri, percaya diri, gagap, tics.

Kebanyakan praktek hipnoterapi pada anak adalah bagaimana mengajarkan kepada anak bagaimana menghipnosis diri sendiri untuk mengontrol kebiasaan buruk, gejala fisik, dan kondisi lainnya. Anak belajar untuk menggunakan teknik relaksasi dan gambaran mental atau melakukan visualisasi seolah melamun atau berfantasi, untuk masuk keadaan hipnosis atau altered mental state ” (dengan kata lain, terjadi induksi hipnosis). Setelah masuk state hipnosis, terapis bisa melakukan hipnoterapeutic bisa berupa sugesti maupun berbagai teknik terapi lainnya yang bertujuan menghasilkan perubahan yang diinginkan baik dalam perilaku, mengatasi berbagai kecemasan, atau berbagai kasus lainnya. Salah satu teknik yang efektif adalah menghadirkan kembali perasaan gembira untuk mengatasi kecemasan.

Untuk kasus kasus kronis anak juga bisa dilatih menggunakan atau mereprogram tubuhnya, seolah olah tubuh sebagai “komputer” dan lewat pikiran dan emosinya anak dapat “memprogram” pikirannya untuk perubahan di tubuhnya.

Pembelajaran hipnosis pada Anak juga bisa diarahkan sebagai sarana untuk membantu anak anak belajar untuk melakukan kontrol atas tubuh mereka. Contoh, seorang anak dengan enuresis nokturnal (mengompol pada malam hari) dapat diajarkan anatomi dasar dan fungsi dari kandung kemih. Pada akhirnya, anak mampu menginduksi self-hypnosis bila diperlukan untuk mencapai perubahan yang diinginkan.

Berita baiknya Anda bisa belajar pediatric hypnotherapy sekarang.

Yus Santos

Pediatric Hypotherapist

2 Responses to Hipnoterapi Anak dan Berbagai Penelitian

  1. bob royan says:

    Terima kasih sudah berbagi, dimana saya bisa belajar pediatric hypnoterapy?tk

  2. Terima kasih bermanfaat sekali.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s