Apa itu NLP ???

NLP adalah singkatan dari Neuro-Linguistic Programming.

Neuro mengacu pada sistem berpikir dan syaraf. Setiap orang punya pengalaman dalam suatu peristiwa tertentu. Peristiwa-peristiwa itu dicerap oleh otak menjadi suatu pengalaman, masuk ke dalam diri anda diproses melalui kelima panca indera – penglihatan, pendengaran, perasaan, penciuman, dari pengecapan. Anda mengalami segala sesuatu melalui kelima indera dan kemudian bertindak dari situ. Sistem saraf anda mencakup yang terlihat maupun tidak terlihat (pikiran).

Linguistic sistem komunikasi baik non verbal dan verbal. Menggunakan bahasa yang mana melalui representasi neural dikodekan, diorganisasikan dan diberi arti mengacu pada kata-kata, cara anda menggunakannya dan bagaimana hal tersebut mempengaruhi anda dan orang lain. Ini adalah sistem komunikasi dan bahasa verbal dan non-verbal yang melalui pemahaman lalu dikenali dan diberi arti.

Programming mengacu pada cara anda mengorganisaskan komunikasi, gagasan dan tindakan dalam sistem syaraf untuk berpikir mencapai hasil tertentu atau goal yang diinginkan, seperti menjadi seorang jutawan, seorang sukses, peak performance dll. Otak dapat diprogram untuk mencapai hasil yang anda inginkan.

Dengan kata lain, NLP mengajar anda untuk menggunakan bahasa pikiran secara terus menerus mencapai mencapai sasaran anda menjadi seorang yang anda inginkan. Cara anda berpikir mempengaruhi bahasa yang anda gunakan dan pada akhirnya mempegaruhi perilaku anda. Dengan penerapan NLP, jalan untuk menjadi seorang yang anda inginkan apakah anda menjadi seorang milyader, menjadi trainer sukses, menjadi terapist atau apa saja akan lebih cepat dan mudah. Karena anda sudah tahu patokannya tahu menggunakan program dan tahu cara mudah mencapainya.

Reuni Tiga Orang Sahabat dan NLP
Seperti cerita dibawah ini suatu hari, tiga orang sahabat berkumpul kembali setelah 20 tahun mereka bersama dalam satu sekolah. Lama tidak berjumpa pertemuan tiga sahabat ini menjadi sangat akrab. Taruhlah namanya si M si K dan si B. Dan mereka sepakat untuk melakukan reuni di salah satu vila megah milik salah satu dari mereka yaitu si M yang sangat kaya raya. Si B sangat kagum dengan si M yang menurut perasaannya waktu sekolah dulu tidak sepintar dirinya, malah si M banyak diberi contekan ketika mengerjakan soal soal sulit.

Si B yang kehidupannya biasa biasa saja menjadi pegawai negeri sangat heran dengan kekayaan si M. Keheranananya juga tidak bisa ditutupi ketika temannya satu lagi si K datang ke lokasi itu menggunakan helikopter pribadi. Wow teman temanku sangat kaya, padahal keduanya dulu biasa biasa di sekolah bahkan sering terancam tidak naik kelas. bagaimana keduanya bisa sangat sukses dan kaya pikir si B.

Beda dengan si M yang suka nyontek si K yang juga sukses dari dulu memang ahli berkawan ahli melobi ahli berkomunikasi, sekali ngomong teman temannya mengikuti omongannya tak kurang cewek cewek suka sekali dengan tutur kata si K. Sedangkan diriku aku merasa sangat pintar, belajar apapun sangat mudah tak heran aku selalu juara di kelas dan sering mewakili sekolah karena prestasi akademisku yang cemerlang pikir si B. Bahkan initial namaku si B menunjukkan predikatku yang Brilyan di akademik. Maka teman temanku menjulukiku si B alias si Brilyan.

Mereka bercanda dan bergura sangat akrab tidak melupakan status mereka, dua orang sangat kaya raya sukses dan seorang yang biasa biasa saja. Perbincangan mulai membicarakan guru guru mereka, teman teman perempuan mereka dan berbagai nostalgia. Setelah berlangsung sehari semalam, si Brilyan masih bertanya tanya dalam hati bagaimana kedua orang itu si M dan si K bisa sangat sukses.

Akhirnya si B tidak bisa menahan diri untuk menanyakan apa rahasia sukses mereka ? kepada si M dia bertanya wahai M kamu si tukang contek apa rahasiamu bisa menjadi sangat sukses kaya raya ? di bilang ada suatu ilmu namanya NLP apa itu ilmu NLP ? kata si B penasaran . Itu ilmu mencontek sesuai keahlianku kata si M . Apa maksudmu ? kata si Brilyan masih juga penasaran ? sebentar dulu, benar ilmu NLP juga yang kukuasai kata si K, itu ilmu berkomunikasi NLP adalah soal berkomunikasi sehingga apa yang kita inginkan dapat kita dapatkan baik dari orang lain maupun dari diri sendiri.

Wow ternyata NLP bisa menjadikan mereka berdua kaya raya kata si B aku mau tahu apa penjelasanmu. Gini kawan, setelah aku lulus jadi pegawai kasar suatu perusahaan ternyata itu tidak merubah nasibku meski aku sudah kerja banting tulang siang malam. Sampai aku mempelajari suatu kitab NLP yang kutemukan di pasar loak. Aku terapkan aha ternyata saah satu rahasia adalah ilmu mencontek sesuai keahlianku dulu waktu sekolah, yang dulu sangat di haramkan namun dalam sekolah kehidupan mencontek halal. Apa maksudmu tanya si B. Inilah kisahku kawan setelah menemukan kitab rahasia NLP dan aku praktekkan, aku menemui beberapa orang kaya, aku bertanya aku mengamati, aku merasakan bagaimana mereka bergaul, bagaimana mereka berpikir, bagaimana mereka bertindak dan semuanya aku catat poin poinnya lalu aku contek dan aku praktekkan bum dalam waktu singkat aku berpikir sebagaimana orang kaya, aku bertindak sebagaimana orang kaya aku bergaul dengan orang orang kaya dan aku bekerja sebagaimana orang orang kaya lakukan hasilnhya aku juga menjadi bagian dari mereka seperti yang kamu lihat sekarang.

Tindakan yang kulakukan dalam NLP disebut mencontek atau Modeling tak heran aku dari dulu dijuluki tkang contek alias M alias si Modeler. Dengan melakukan modeling aku bisa mengakses kepiawaian apapun dengan cepat contohnya kamu yang jago menghafal ayo meski aku dulu sekolah bodo saya yakin akan menang menghafal kata si M. Sambil memnta si K memberikan 40 kata acak ayo lomba menghafal. Ayo siapa takut kata si Brilyan yang merasa di atas angin. Namun setelah di uji si Modeler bisa menyebut 4o kata sempurna dengan dibolak balik urutannya sementara si Brilyan hanya mampu mengingat kurang dari 50%. Wah jenius kata si B kepada si M. bagaimana kamu yang dulu bego bisa begitu mudah menghafal ? Sekali lagi saya mencontek strateginya juara dunia menghafal lalu menerapkannya, kata kerennya aku memodel para jago menghafal dan menerapkannya dalam waktu singkat saya mendapatkan ekselensi dari juara menghafal tersebut, itulah salah satu jurus NLP yang dinamakan modeling, Andapun bisa.

Sambil manggut manggut si Brilyan juga penasaran lha kalau kamu si jago ngomong apa yang membuatmu bisa kaya apa juga NLP dengan memodel ? bukan kalau aku menggunakan jurus lain dari NLP yaitu komunikasi, kenapa namaku berinitial K karena aku memang seorang Komunikator yang baik.

Dalam NLP berkomunikasi bukan asal ngomong , ketika kita ngomong hal penting adalah respon yang kita dapatkan. Apa artinya begini kawan, sebelum kita berkomunikasi kita harus tahu tujuan kita contoh bagaimana aku melobi owner perusahaan dengan kata kataku supaya owner memakai produk dan jasa yang aku tawarkan. Ada banyak sikap atau attitude yang harus dimiliki sebagai komunikator yang hebat, termasuk berbagai kata kata yang menghipnotic tanpa pakai merem merem begitu namun kita bisa menyisipkan pesan tersembunyi yang tentunya pesan positif. Alhasil tujuanku selalu tercapai karena aku tahu bagaimana berkomunikasi sehingga orang yang kuajak komunikasi melakukan apa yang aku mau bahkan mereka bisa merasa dekat denganku. Teknik membuat orang dekat denganku yaitu membangun kedekatan atau building rapport. Dengan itu kita menjadi sakti berkumunikasi dan orang lain melakukan apa yang kita mau wow dahsyat kata si Brilyan kamu memang jagonya berkomunikasi dan pantas sebutanmu si K atau si Komunikator.

Tapi betulkah kamu sejagoan itu ? aku baru percaya kalau kamu bisa mengajak anak kecil di luar ruangan ini yang sedang nangis tersedu sedu masuk ruangan ini tanpa air mata lagi, kalau kamu jagoan komunikasi mestinya kamu bisa. Baik saya lakukan kata si K. Tanpa membuang waktu lagi dia jongkok sambil menirukan anak kecil yang nangis dia juga nangis tak kalah kerasnya dengan si anak kecil. Nada dan tingkah lakunya ditirukan seolah olah ada bayangan cermin satu sama lainnya. Bahkan ketika si anak kecil mulai diam si K juga diam dan gantian dia meneriakkan satu kata oke oke si anak mualai melakukan dan ganti menirukan si K sambil si K mendekat ke anak dan anak seperti tanpa sadar ikut si K masuk ruangan dan siap bercanda ria. SiKomunikator mampu membawa anak kecil yang nangis di luar ruangan masuk ke ruangan dengan riang gembira. Itulah NLP salah satunya jurus berkomunikasi. Wow wow ? pantas kalian bisa kaya, aku mau seperti kaliah ajari aku NLP sekarang ya.

Aku penasaran deh apa lagi yang bisa diperbuat NLP. Para pembaca saya tidak tahu apa yang Anda inginkan namun sebelum menghabiskan buku ini dan mempraktekkan Anda boleh menyimak banyak kegunaan NLP di area manapun anda berada di berbagai profesi yang anda tekuni.

Lalu apa difinisi NLP ?

NLPis an attitude and a methodology that leaves behind a trial techniques (Dr Richard Bandler)
NLP adalah karakteristik sikap denggan keingintahuan yang tinggi, berpetualang serta hasrat untuk mempelajari skill tertentu menemukan pola dan strateginya serta komunikasi untuk mempengaruhi orang lain .Dan tak kalah pentingnya adalah melihat hidup sebagai suatu kesempatan melakukan pembelajaran

NLP adalah metodologi berdasarkan keseluruhan operasional presuposisi yang ada yang menunjukan bahwa perilaku mempunya struktur. Dan struktur bisa dimodel, dipelajari, diajarkan dann diubah yang dinamana reprogramming. Cara untuk mengetahui apa yang berguna dan efektif disebut kemampuan persceptual.

NLP berkembang sebagai teknologi yang menjadikan praktisinya mengelola informasi, persepsi melalui berbagai teknik yang menyebabkan perolehan hasil yang tak pernah terbayangkan sebelumnya.

Meskipun ada banyak difinisi lain seperti

The science of how the brain codes learning and experience.(Grinder)

The study of the structure of subjective experience.(Bandler)

NLP is the User Manual for Brain (michael Hall, PhD)

NLP is new technology of achievement (Steve Andrew)

Dengan kata lain NLP bisa disebut sebagai ilmu keunggulan manusia yaitu bagaimana mendapatkan pola pola keunggulan seseorang kemudian pola itu dirumuskan dan dilakukan maka seseorang yang lain bisa mendapatkan pola keunggulan manusia yang lain

Disebut juga sebagai salah satu ilmu pengembangan diri. NLP bisa sangat membantu memperkembangan diri manusia di berbagai hal. Bagaimana seorang trainer NLP, yang tidak pernah belajar menembak, mampu melatih para tentara baru yang hasilnya jauh lebih baik dengan waktu lebih singkat dibandingka dengan cara konvensional

Ilmu praktis peak performance yaitu bagaimana sumbangan NLP melalui pembelajaran strategi bisa meng-crack strategi puncak performa seseorang untuk kemudian dipakai terus menerus, dan bisa dipasangkan kepada sesorang plus penambahan anchor yang kemudian bisa dipicu kapanpun diinginkan dan hasilnya akan selalu bisa dalam state luar biasa.

Bahasa untuk memprogram otak, sudah banyak diketahui otak meruapakan hal sangat vital dalam kehidupan. Sayang sekali kita tidak dibelaki manual proses kerja otak. NLP sangat berkontribusi dalam pemrograman pikiran, termasuk mereprogram trauma menjadi berdaya. Memprogram keyakinan yang membatasi menjadi lebih berkemampuan.

Yus Santos
Master Practitioner Lisenced By Bandler dan Master Trainer Neo NLP

PS. Apajadinya jika anda juga menguasai NLP ? tentu hidup anda akan jadi maksimal di berbagai hal. Dan silahkan kontak kami wa 0817774124 atau pin bb26b54001 atau HP 08249999790 kami siap membantu anda sekarang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s