Tujuh Langkah NLP menjadikan Anak Anda ketagihan Belajar bagian 2 Menciptakan Momentum

Bagian 2 Menciptakan Momentum

Pada tulisan yang lalu anda tahu bagaimana pentingnya state. Masih ingat bukan tidak ada orang yang tidak berdaya yang ada justru orang tidak berada pada state yang tepat.

Demikian halnya putera puteri anda saat berada pada state yang tepat atau state  yang penuh sumberdaya, state penuh kekuatan dia akan siap melakukan hal hal produktif yang anda inginkan.

Anak sudah siap melakukan kegiatan belajar. Maka anda bisa melakukan perintah baik perintah lain maupun perintah terselubung. Aamatlah mudah melakukan perintah langsung saat state anak siap.

Namun suatu seni komunikatif persuasif tinggkat tinggi adalah yang dinakan covert command yaitu perintah tersembunyi. Ibarat anda menanam kuda troya di pikiran anak. Perintah ini akan dilakukan terus menerus tanpa disadari anak.

Bagaimana melakukan perintah tersembunyi itu ? anda bisa mempelajarinya pada seni memerintah secara tersembunyi melalui covert hipnosis, yang selama ini saya berikan secara privat di senter kami www.yussantos.com  meski saya juga lebih dari 7 kali memberikan untuk berbagai perusahaan secara inhouse training. Saya tahu anda sudah menyadari bahwa inilah rahasia tersembunyi para pemimpin.

Ada banyak jurus covert hypnosis atau covert persuasife salah satunya adalah rumus :

rumus

Tidak perlu penasaran mengenai covert hypnosis, suatu seni hipnosis tanpa menutup kepala bahkan yang dihadapi tidak menyadari bahwa pesan anda sudah menyusup di bawah sadarnya. Tinggal anda mengeksekusi kapan perintah itu akan dijalankan. Tenang saya akan membagikan tulisan mengenai covert hipnosis di tulisan yang lain.

The Driving Force

Istilah ini saya dapatkan saat saya mengikuti beberapa kali training Anthony Robbin di Singapore. Kebanyakan orang gagal mencapai tujuannya karena masalah sepele. Yaitu menunda nunda, pertanyaannya apakah anda pernah menunda nunda ?

Dengan kata lain anda tidak pernah melakukan langkah pertama. Sehebat apapun goal anda bahkan strategi yang anda pilih juga luar biasa tanpa langkah pertama sia sialah semua hal itu.

Langkah pertama butuh energi yang besar. Pesawat ulang alik ketika terbang ke luar angkasa butuh bahan bakar dan daya dorong besar untuk melewati atmosfir.

Sama halnya diri anda untuk melangkah menuju goal anda butuh daya dorong besar. Sama halnya anak anda untuk menjadi ketagihan belajar butuh daya dorong besar.

Anda pernah  dengar kata momentum kan, ada yang bilang ini momentum yang tepat untuk bertindak ! hati hati segera bertindak , jangan sampai kehilangan momentum.

Sayangnya kebayakan orang melihat momentum datang dari dunia eksternal, seolah olah lingkungannyalah yang membuat momentum itu ada.

Tidak salah sih ……. namun jika anda hanya menunggu momentum dari luar saja, bisa jadi momentum, tiada kunjung datang wkwkwkwkw

Anthony Robbin mengatakan momentum harus diciptakan lalu kekuatan momentum harus dikendalikan. Ibarat kereta api ketika  statrt di kecepatan awal masih pelan tertatih tatih jalannya walau powernya besar. Lama lama daya dorong kereta api semakin kuat saat pada puncak kekuatannya ia sudah tak tertahankan.

Sama halnya ketika anda menemukan momentum dan mengendalikan kekuatan yang ada pada dirinya maka aktivitas belajar anak tak akan terhentikan. Anak anda akan ketagihan belajar, tak ada kekuatan yg menghentikan.

Ada 5 langkah untuk menciptakan momentum dalam diri anak anda. Siapkan anak anda dalam menciptakan momentum belajarnya.

  1. Buat Peak State
  2. Temukan Gairah
  3. Buat Keputusan, lakukan dengan sungguh sungguh, imani
  4. Ambil Tindakan yang cepat, cerdas, konsisten dan Besar
  5. M.A.R.T
  1. Buat Peak State

Dalam melakukan langkah pertama sehingga momentum terjadi dan terus terjaga. Anda harus bawa ke kondisi pucak dalam NLP disebut Peak State. Sama dengan langkah membawa state atau merubah state. Paling gampang membawa anak anda pada kondisi puncak adalah dengan teknik fisiologi. Masih ingat kan Buat gerakan semangat, buat anak anda melakukan tosss kepada anda , minta berteriak . Karena dengan merubah gerakan emosinya akan berubah.

Untuk mendapatkan peak state ada beberapa teknikk NLP yang bisa membantu.  Jika Anda praktisi NLP tentu tidak asing dengan teknik teknik berikut ini. Teknik teknik ini bisa membantu membawa anak anda masuk peak state dengan seketika.

Ada ratusan teknik NLP untuk mendapatkan peakstate diantara nya adalah teknik :

  • Buat anchor terhadap pengalaman masa lalu dimana anak anda berada pada peak state. Dengan membuat anchor pengalaman peak state di masa lalu bisa dengan mudah dihadirkan. (Catatan mengenai anchor dengan berbagai variasinya anda bisa search tulisan saya mengenai anchor di    http://bit.ly/1L0grA9  )
  • Ajari anak Anda Circle Excellence suatu teknik menghadirkan ekselensi anak anda dengan masuk lingkaran imaginer dan menjadi associate dengan peak state.   http://bit.ly/1NlgBE2
  • Selain teknik NLP ada teknik Ego State Therapy yang kini dikenal dengan Resources Therapy. Intinya bagaimana menghadirkan ego state yang mendukung anak anda dalam belajar.
  1. Temukan Gairah

Jika anda  menemukan suatu gairah dalam melakukan sesuatu maka maka anda akan melakukan dengan suka rela tanpa merasa lelah. Sebelum anda membantu menemukan gairah anak anda, lalu menghubungkan gairah dengan tindakan belajar. Ada baiknya anda introspeksi diri anda sehingga anda bisa menemukan gairah besar dalam diri anda.

Lalu bagaimana menemukan pesyen atau gairah anda ? priksa tentu ada sederetan nilai nilai yang ada pada diri anda yang menggerakkan anda. Cek dalam diri anda .

  • Apa yang anda sukai ?
  • Apa yang anda tidak sukai ?
  • Apa gairah anda ?
  • Apa yang benar benar anda inginkan ?
  • Dalam hidup ini apakah yang benar benar menggerakkan anda ?

Ketika Anda bisa menjawab lima pertanyaan di atas lalu renungkan dan mempraktekkannya uji dan tes apakah kegitan itu betul betul passion anda maka itulah passion anda.

Lalu apa hubungannya dengan belajar anak ? bisa jadi ketika anak anda ditanyai, ternyata belajar bukan pesyen si anak. Anak anda bukan satu satunya yang tidak suka belajar, ada jutaan anak yang tidak suka belajar. Ternyata main game lebih menarik daripada belajar pelajaran sekolah.

Seringkali orang tua protes pada anaknya. Dan tidak berlaku adil. Ayo ngaku sebelum bertanya pada anak anda, apakah belajar juga menjadi pesyen anda ? Jika jawaban anda tidak. Artinya anda tidak adil karena menuntut anak anda belajar. Sementara anda tidak suka belajar juga wkwkwkw.

Dengan pertanyaan di atas anak anda dituntun menemukan passionnya, ada yang passionnya menari, ada yang pesyennya futsal, ada yang pesyennya berenang, ada yang pesyennya menulis. Sebagai orang tua amati dan tes pesyen anak anda. Dengan secara awal menemukan pesyennya anda bisa dorong supaya anak anda maksimal mengikuti pesyennya.

Anak anda akan tiada lelah melakukan aktivitas sesuai pesyennya. Anak anda akan larut sepenuhnya melakukan pesyennya. Lalu apa hubungan pesyen dengan belajar pelajaran sekolah ? ada beberapa teknik NLP yang membawa state pesyen menjadi aktivitas belajar. Dalam NLP ada teknik asosiasi, bagaimana state sepak bola yaitu apa yang menjadi kegembiraan saat sepak bola apa yang menjadi geraka dan perasaan saat sepak bola yang merupakan pesyen anak bisa dibawa saat belajar. Sehingga saat belajar anak senikmat melakukan permainan sepak bola.

Kaitakan state pesyen anak dengan kegiatan belajar. Salah satu teknik dalam NLP dalam melakukan aktivitas dan aktivitas itu berasosiasi dengan state lain adalah teknik Go Diva Cochalate Pattern. Intinya orang dibawa pada cue gambar state yang merupakan pasyennya sementara anak anda melakukan aktivitas belajar. Namun secara visual audio dan feel anak anda terakses state yang merupakan pesyennya.

Teknik lain bisa mempertukarkan submodalitas saat anak anda melakukan aktivitas yang merupakan pessyennya dengan submodalitas saat belajar.  Teknik ini dikenal dengan sebutan mapping across.

Tiap anak bisa beda beda responnya terhadap berbagai teknik NLP sehingga anak selalu mendapat gairah dalam belajar. Maka tunggu apalagi segera praktekan sekarang. Jika anda masih belum mengerti dan ingin belajar maka hubungi kami sekarang.

  1. Buat Keputusan, lakukan dengan sungguh sungguh, imani

Segera setelah setelah anak anda mendapatkan pesyennya dan anda bisa memberikan asosiasi pesyennya terhadap belajar. Ajari anak anda dan ajak anak anda mengambil keputusan Keputusan adalah perubahan sikap yang tidak bisa kembali lagi ibarat gelang karet jika anda tarik dan gelang karet itu molor maka gelang karet masih bisa kembali ke bentuk semula, demikian belajar napsu belajar bisa bergairah atau menyala kadang loyo atau malas malasan. Namun kalau gelang karet sudah anda tarik hingga gelang karet itu putus maka gelang karet sudah berubah bentuk. Sudah tidak melingkar lagi. Demikian juga anak anda sudah membuat keputusan maka akan merubah pola pikir dan pola tindakan anak anda.

Lakukan sungguh sungguh, dukung dan support habis habisan apa saja yang berkaitan dengan belajar. Fasilitasi anak anda sehingga belajar menjadi menyenangkan. Imani dan yakinkan upaya perubahan perilaku untuk rajin belajar akan mendapatngkan berkah.

  1. Ambil Tindakan yang cepat, cerdas, konsisten dan Besar

Langkah berikutnya , segera ambil tindakan cepat, besar yang cerdas dan konsisten. Buat perencanaan yang bagus untuk strategi belajar anda. Segera tinggalkan kegiatan yang tidak mendukung tindakan belajar. Bergeraklah cepat, belajarlah dengan cepat.

Cari strategi belajar yang tepat, teknik teknik belajar yang efektif akan menjadikan anak anda percaya diri karena bisa. Saat pelajaran tertentu yang diyakini sulit dan anda membimbing anak anda untuk bisa memecahkan maka anak anda akan meningkat kepercayaan dirinya karena kini dia bisa.

Pelajari dan ajarkan teknik bagaimana menghafal yang efektif, ajarkan bagaimana membaca dengan cepat, ajarkan bagaimana berpikir kreatif.

Cari tahu strategi belajar yang efektif bagi anak anda,mulai dari bagaimana anak anda mengkases chanel belajar ke otak. Bagaimana gerak mata saat akses memori.

Bimbing anak anda untuk menemukan role model yang tepat untuk belajar, berikan story yang menginspirasi anak anda. Ceritakan apa yang dilakukan role modelnya dan bagaimana menginstal strategi sukses belajar role modelnya.

Anda bisa menginstal suatu strategi modeling supaya anak anda lebih efektif, dan paling gampang adalah menginstal strategi modeling.

Ajarkan anak anda melakukan modeling, di NLP paling tidak ada beberapa cara untuk melakukan modeling, yaitu :

  1. Simple modeling
  2. Modeling melalui strategy
  3. Modeling sesuai dengan Neuro Logical Level
  4. Deep Trance Identification
  5. Knowing Nothing State

Teknik teknik modeling itu bisa dengan cepat membantu anak mendapatkan ekselensinya dari role model anak tersebut. Termasuk bagaimana kepiawaian role model dalam belajar bisa ditransfer dengan cepat pada anak anda. Makanya sebagai orang tua ada baiknya menguasai teknik teknik tersebut.

Modeling merupakan tindakan cepat dan cerdas dalam pembelajaran.

Dan jangan lupa kondisikan anak terus menerus dalam state yang menyenangkan saat mau mengawali dan melakukan tindakan belajar. Terus lakukan dengan konsisten maka belajar akan menjadi habit anak anda.

  1. S.M.A.R.T

Jujurlah pada diri anda sendiri , jujurlah pada anak anda. Anda harus melakukan evaluasi bagaimana anak anda selama melakukan pembelajaran. Evaluasi dalam NLP adalah mengelicit keadaan sekarang lalu dengan melakukan strategi momentum adakah perubahan sikap. Karena yang terpenting dalam belajar adalah perubahan sikap dari sebelum belajar dan setelah belajar.

S adalah strategi bagaimana apakah strategi yang dijalan efektif dalam mencapai goal anak anda. Dan jika kurang efektif ganti strateginya cari strategi yang pas bagi anak anda.

M adalah measure atau ukur seberapa capaian dan kemajuan anak anda. M yang lain gunakan banyak teknik NLP untuk menarik dan mendorong anak anda mencapai goalnya.

A achieve atur anak anda mencapai proses capaian yang diinginkan atur dirinya sehingga mendapatkan kepuasan batin. Ambil langkah baru sehingga anak anda selalu melangkah di step berikutnya. Next step action.

R adalah Realisasikan hal hal yang menjadi impian anak anda , realisasikan bahwa belajar menyenngkan.

T time table tetaplah goal harus ada deadlinenya. Impian yang diberi deadline adalah goal.

Pembelajaran yang tak kalau pentingnya adalah bagaimana mengatur waktu. Anda bisa belajar bagaimana teknik NLP baik Chunking Up atau Chunking down serta Chunking side yang berkaitan dengan waktu.

Lima langkah tersebut merupakan ilmu untuk membangun momentum, oke jangan tunda lagi bangun momentum bagi diri anda dan anak anda sekarang.

Salam hangat

Yus santos

PS

Lalu bagaimana langkah berikutnya ?

saya akan membahas di tulisan saya berikutnya dan bagikan tulisan ini pada sanak keluarga anda dengan share tautan ini.   http://bit.ly/1Sgk7nl

Masih ada kesempatan gabung di kelas gratis NLP Parenting melalui grup WA. caranya kirim nama anda ke wa 0817774124. terbatas 100 orang per grup.

Anda ingin Melejitkan Konsentrasi Anak dengan instanm ? klik yg dibawah ini

Tahukah anda setiap anak punya potensi melejitkan konsentrasinya…

Apakah anak anda sulit konsentrasi ?

Apakah Anda ingin anak anda mudah berkonsentrasi ?

CD Sondwave terapi ini dirancang untuk melejitkan konsentrasi anak anda.

4

Biayanya berapa? 200.000 rupiah saja, setara dengan Anda beli bensin 3 hari, yang dapat mengubah kehidupan dan masa depan Anak Anda menjadi jauh lebih sukses dan cerdas. Investasi untuk otak dan kecerdasan dan sikap positif terhadap kehidupan adalah hal yang tidak habis oleh waktu.

Ayo ayo.. beli sekarang! Hubungi 081249999790 atau add pin 26b54001. atau hubungi wa 0817774124

PS : Kalau mau konsultasi atau terapi atau apapun juga bisa hubungi kami segera! Semakin cepat di upgrade maka semakin baik!

About Yus Santos

Yus Santos, MM CCht, CI LM-NLP, MT -NNLP. Advanced International Quantum Touch. Mind Mastery With Firewalking Trainer, Clinical Hypnotherapist and Hypnosis Trainer. Parenting dan Pediatric Hypnotherapy Trainer NNLP Master Trainer Mendirikan Alfa Omega Center dan sekaligus menjadi direkturnya. Memegang profesional membership NGH, IACT, AHA, TICHER, Society of NLP, Sociaety Neo NLP Indonesia, IBH, Quantum Touch International, Longetovitologi International
Aside | This entry was posted in artikel hypnotherapy and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s