Mengatasi kecanduan game pada anak.

Saat saya bertanya di bebrapa seminar yang saya bawakan dan di grup WA parenting yang saya kelola. (yang belum masuk grup WA kelas NLP parenting silahkan ikutan, hanya dengan send nama anda ke 0817774124 gratis) Apa yang membuat anak malas atau terganggu  belajar ? Dari banyak jawaban yang diungkapkan para orang tua ternyata ketagihan main game menjadi salah satu jawaban yang banyak diuangkapkan.

Dengan kecanduan game orang tua banyak mengeluh bahwa anaknya mengalami perubahan drastis. Kalau dulu gampang diajak ikut kegiatan bersama orang tua dan saudara saudaranya kini ogak ogahan. Kalau dulu rutin belajar kini mulai malas malasan kalau disuruh belajar.

Kalau dulu suka patuh kini anak anak suka melakukan sesuatu seenaknya sendiri bahkan cenderung egois dan minta sebagai pusat perhatian.

Apakah anak anda mulai tergantung pada game ???

kecanduan game

Lima tanda  utama anak muali kecanduan game ?

  1. Lebih memilih aktivitas game daripada kegiatan lain, termasuk kegiatan yang menyenangkan bersama keluarga.
  2. Cenderung cuek dengan keadaan sekelilingnya. Kalau ada keluarga datang cuek karena selalu pegang game, cenderung menjadi emosional, pemarah dan egosentris
  3. Gelisah dan bingung jika dalam waktu yg lama tidak pegang game
  4. Mata terlihat lelah dan suka mengantuk bahkan ketiduran di kelas di kendaraan
  5. Tugas tugas rumah dan sekolah terbengkelai sehingga prestasi belajar biasanya menurun

Lalu bagaimana mengatasinya ? Jika anda awam dalam teknik terapi silahkan gunakan 5 teknik pengkondisian mengatasi game bagi orang tua.

  1. Buat agrement frame, adalah sautu kesepakatan bahwa boleh main game pada hari terntentu pada jam tertentu. Anak anak saya hanya boleh main game hanya pada hari sabtu dan minggu saja. Berikan batasannyha misalnya maksimal 2 jam saja. Atau misalnya main game di plasa maksimal main di kartu 50 ribu rupiah atau berapa kesepakatan anda dengan anak anda. Dengan peraturan dan kesepakatan ini harus tegas dan harus ditegakkan.sehingga anak akhirnya terkondisikan bahwa hanya main game ketika libur saja. Jelaskan pada anak bahwa mereka dalam pengawasan orang tua dan tanggungjawab orang tua sehingga harus mengikuti peraturan yang dibuat orang tua demi kebaikan anak.
  2. Berikan pengertian bahwa masih banyak kegitan lain yang jauh lebih bermanfaat dibandingkan main game. Ajak mengembangkan kegiatan fisik yang lain seperti mengembangkan hobi, olah raga, main musik, dancing, main sepeda . Anda juga boleh memotivasi anak untuk aktif di berbagai kegiatan bersama teman temannya atau kegiatan lain diluar sekolah.
  3. Utilisasikan game Lihat mengenai metaprogram anak, kita bisa memanfaatkan game untuk memotivasi anak. Belajar dulu dan hasilnya baik boleh main game 1 jam, atau jika tidak mau belajar tidak boleh main game selamanya. Ingat supaya bisa jagoan main game bahkan bisa membuat game harus pandai matematika, harus menguasai fisika harus belajar sejarah. Hubungkan pelajaran dengan game.
  4. Lakukan pillow talk untuk memberikan sugesti pada anak agar menghentikan kebiasaan main game. Anda lakukan menjelang anak tidur, halo adik sebelum tidur nyenyak nanti adek harus tahu bahwa mama menyanyangimu sambil cium anak. Dan sugestikan bagaimana anak anda mengambil waktu luang untuk lebih senang belajar dari pada main game lebih suka main musik dari pada main game.
  5. Berikan waktu khusus untuk anak anak selain waktu sehari hari di rumah jadwalkan rekreasi bersama denan anak anak, waktu main game untuk kegiatan bersama orang tua dan seluruh keluarga.

Teknik yang lain melalui teknik reprogram pikiran. Teknik ini sudah tergolong therapy baik terpai yang kadarnya ringan dan kadarnya berat. Ada banyak teknik yang dipakai untuk mengatasi game. Namun dalam keseharian klinik saya saya sering menggunakan lima teknik therapy di klinik dibawah ini :

  1. Memakai sugesti therapy hypnosis yaitu anak dihipnosis setelah pada kedalaman tertentu maka diberikan teknik sugesti intinya menasihati bahwa apa ruginya main game dan apa keuntungan meninggalkan game dan minta komitmen untuk berubah dan biasanya saya tambahkan teknik direct drive.
  2. Teknik Part mediation therapy yaitu mereedukasi bagian pikiran bawah sadar yang kecanduan game supaya membaik. Untuk teknik ini diperlukan kedalaman trance yang adequat.
  3. Teknik Ego state therapy dengan teknik ini anak tidak perlu trance dalam cukup dengan bahkan tanpa trance jua oke. Untuk anak anak saya juga tambahkan teknik chair therapy , menggunakan beberapa kursi untuk mengeluarkan egostate baik emosi atau perilaku yang bermasalah dan melakukan game dikuatkan dengan egostate lain yang bisa menghentikan kebiasaan main game.
  4. Juga ada banyak teknik NLP yang digunakan seperti teater imagery untuk dissociate game. Teknik compusive blow out, teknik swis pattern dan banyak lagi.
  5. Teknik metafora dengan menggunakan nested loop dimana saya membuat tiga cerita dengan membuka loop minimal 3 cerita lalu menanam pesan terapi di bawah sadar kemudian menutup loop cerita satu persatu, anak mungkin hanya ingat ceritanya namun tidak menyadari terapi yang ditanam di bawah sadarnya.

Teknik teknik terapi ini biasaya yang saya gunakan dalam membantu anak anak yang kecanduan game. Dikesempatan lain akan saya ulas satu persatu teknik tekni di atas. Bagi yang awam anda bisa lakukan 5 teknik pengkondisian mengatasi game bagi orang tua..

Andapun ada baiknya sebagai orang tua belajar teknik teknik terapi untuk anak anda. berikutnya saya akan tuliskan langkah langkah teknik therapi bagi anda.

salam hangat

yus santos

PS anda ingin mereprogram anak anak anda menjadi mudah belajarnya silahkan klik

http://bit.ly/1HPk8Zs

About Yus Santos

Yus Santos, MM CCht, CI LM-NLP, MT -NNLP. Advanced International Quantum Touch. Mind Mastery With Firewalking Trainer, Clinical Hypnotherapist and Hypnosis Trainer. Parenting dan Pediatric Hypnotherapy Trainer NNLP Master Trainer Mendirikan Alfa Omega Center dan sekaligus menjadi direkturnya. Memegang profesional membership NGH, IACT, AHA, TICHER, Society of NLP, Sociaety Neo NLP Indonesia, IBH, Quantum Touch International, Longetovitologi International
Aside | This entry was posted in artikel hypnotherapy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s