Visualisasi Untuk Anda dan Anak Anda! bagian 1

Tahukah Anda meski kita memiliki banyak indera yang bisa menerima pesan dari luar, tapi yang paling banyak kita simpan adalah melalui indera pengelihatan alias mata, kemudian Anda memprosesnya di otak. He he he… Maka dari pada itu ungkapan yang beken di kalangan sekitar saya sih : “MATAMU!!” Kemudian baru “YOUR HEAD!! (dalam bahasa Jawa)”  baru setelah itu keluar dalam respon “YOUR MOUTH (dalam bahasa Jawa juga)”… he he he..

Nah dalam keseharian Anda dan Anak Anda, pernahkah Anda membayangkan bahwa Anak Anda cerdas, baik, dan sukses bersama – sama dengan Anda. Saya yakin jawabannya : YA IYA LAH…

Selanjutnya pertanyaan saya.. Apa Anda juga membayangkan bagaimana prosesnya?? He he he saya yakin Anda tidak terlalu detil membayangkan prosesnya.. Apa iya Anda membuat visualisasi ideal yang tidak memperhatikan perasaan dan tidak ada unsur ekologisnya? Nah.. kali ini kita akan membahas cara visualisasi yang dapat membantu Anda lebih jelas mendapatkan apa yang Anda inginkan.

Teori JURUS NLP juga rata –rata di dominasi oleh visualisasi, nanti akan kami bagikan banyak teknik NLP yang menggunakan visualisasi, lebih tepatnya sensualisasi karena menggunakan banyak indera bukan sekedar penglihatan saja.

visualisasi jpg

 Apa itu visualisasi?  

Visualisasi  Adalah sebuah representasi internal dari sesuatu yang Anda inginkan di dalam kehidupan Anda. Visualisasi kadang disebut juga sebagai sebuah fantasi yang terarah, atau meditasi yang terarah yang di dalamnya terdapat proses metafora dan lamunan – lamunan yang terbangun berdasarkan imajinasi kita terhadap sesuatu.

Visualisasi akan membentuk sebuah pengalaman di dalam pikiran kita di setiap indera yang kita miliki, baik itu apa yang kita dengar, rasakan, kecap, bau, dan lihat di dalam pikiran Anda ketika melakukan visualisasi yang mengarahkan Anda pada tujuan hasil akhir yang nyata yang Anda inginkan. Ketika gambaran ideal sudah muncul, maka setelah itu Anda dapat melakukan afirmasi agar hal tersebut dapat segera terjadi secara nyata dalam kehidupan Anda.

Otak tidak bisa membedakan mana yang nyata atau tidak. Coba saya tes dahulu ya apa teori ini masih berlaku, coba ikuti apa yang saya katakan ini.

Anda itu luar biasa, beruntung, apalagi jika Anda membayangkan di rekening tabungan Anda tiba – tiba saya tambahkan 1 milyar. Lihatlah saldo Anda di atm atau di buku tabungan Anda tiba – tiba bertambah 1 milyar. WOW… begitu menyenangkan kan? Ayo siap – siap Anda mulai merancang Anda akan gunakakan untuk apa saja uang itu?

Nah! Apa yang muncul di benak Anda?? Saya yakin pasti ada gambaran tertentu yang menyenangkan ya….Adakah sensasi gatel di tangan Anda karena memegang uang sebanyak itu? Adakah senyuman di wajah Anda?

Coba saya tes 1 lagi, suatu ketika Anda mungkin mengatakan pada anak Anda :

“Kamu itu MALAS, selalu MALAS – MALASAN, ayah ibu gak suka lihat kamu malas! Bodoh! NIlai jelek terus… mau jadi apa kamu!! Gak pernah belajar…Bisanya nyusahin orang tua“

Taraaa… apa hayoo gambaran yang muncul di anak Anda kira – kira menurut Anda??? Bagaimana perasaan anak Anda? Bagaimana gambaran yang timbul di pikiran anak Anda??

jika Anda membayangkan dengan detil dan memberi perasaan dan hasrat yang kuat pada bayangan itu, maka hal tersebut dapat menjadi kenyataan di dalam kehidupan Anda. Beberapa Anak, atau bahkan Anda sendiri pasti pernah membayangkan diri Anda sukses, cerdas, dan sangat bergairah menguasai suatu keterampilan yang baru, ataupun mendapatkan nilai yang baik di sekolah, bahkan juara, namun tidak ada aksi yang konsisten dan terus menerus untuk mengarahkan diri ke tujuan Anda. Mengapa?? Karena mungkin Anda menolak atau bahkan tidak membayangkan bagaimana proses menuju gambaran hasil akhir tersebut! Hal ini  merusak kepercayaan dan kemampuan diri Anda untuk mendekatkan Anda pada tujuan yang ingin Anda capai. Anda sibuk mengkritisi cara mendapatkan hasil akhir, dan terus menyabotase diri Anda setiap kali Anda mau mulai merencanakan segenap rencana Anda untuk menjadikan Anak Anda sukses, juara dan rajin belajar seperti yang Anda ingin, yang mungkin sudah Anda dapatkan ketika mendengar saran dari orang lain atau membaca informasi di manapun.

Lihatlah, apa Anda pernah membayangkan kalau Anda dan Anak Anda belajar bersama, saling mendukung dan mengatakan hal yang positif.

Saya tidak tahu apakah Anda juga melihat dan membayangkan pelajaran di sekolah Anak Anda membosankan? Sehingga Anda pun membaca saja malas, apa lagi ikut berpikir bersama Anak Anda? Tidak ada waktu untuk menemani dan membantu anak Anda belajar karena merasa itu tanggung jawab anak Anda??

Hallooo… hehehe Anda orang dewasa yang tentunya lebih banyak pengalaman, dan kebanyakan juga sudah melewati masa pendidikan yang krusial di masa anak – anak sekolah, setidaknya sampai lulus SMA. Bayangkan, kalau Anda yang sudah lulus dan tamat saja tidak bisa memahami.. ups bukan tidak bisa, namun enggan berpikir dan mendukung anak kesayangan Anda dan pelajaran di sekolah.. Apalagi Anak Anda…

Jika Anak Anda melihat Anda yang enggan membantu dan menyentuh pelajaran, malas berpikir membantu Anak Anda dan hanya bisa menyuruh – nyuruh, Anda sibuk dengan gadget, di tambah lagi dengan emosi dan perkataan negative, haduuuuuhhh.. gimana ya… Anda bisa bayangkan sendiri kan??

Anak Anda manusia juga lho.. dan tentunya belum sebijak dan sematang diri Anda. Dia juga akan mengatakan bahwa dia sibuk bermain, sibuk dengan dunianya yang menyenangkan, dia sibuk beradaptasi dengan teman – temannya, sibuk belajar mainan baru, sibuk tidur…. toh Anda mungkin tidak mengajarkan mereka untuk mencari uang atau menambah ilmu. Sama seperti Anda yang sibuk dengan diri dan keseharian Anda.

Nah ketika Anda sibuk mengkritisi hasil akhir dan cara mencapai hasil akhir, Anda semakin menghambat diri Anda dengan mengatakan, hal ini mustahil! Susah lah! Nah semakin bingung semakin ga bisa !

Kok bisa kami mengatakan demikian? YAP karena di dalam NLP ataupun teknologi pikiran lainnya, kita mengetahui dan mempelajari bagaimana pemikiran kritis kita menghambat diri kita untuk bertindak, jadi jawabannya agar segala afirmasi atau sugesti yang dapat memperkuat diri mencapai tubuh ideal yang sehat adalah dalam kondisi TRANCE.

Ketika visualisasi Usahakan dalam kondisi TRANCE, yaitu ketika pikiran kritis akan nonaktif dan membiarkan otak rileks dan menerima afirmasi/penguatan gambaran yang ada di otak, sehingga otak memiliki BELIEF baru yang Anda inginkan. Maka perubahan syaraf dan tindakan Anda terjadi secara tidak Anda sadari mengarahkan Anda pada gambaran tersebut. Mungkin selama ini ada belief baru yang terus menerus Anda tolak karena Anda merasa tidak yakin atau tidak mungkin Anda dapat meraihnya, di kondisi trance Anda akan menerima semua sugesti yang berguna yang jelas – jelas mendukung Anda. Ingat, ketika Anda marah pun Anda dalam kondisi trance lho.. jadi pilih sugesti dan perkataan yang positif dan mendukung lho ya..

Ketika ada keinginan yang kuat di dalam diri Anda dan meskipun ada beberapa konflik di dalam imajinasi Anda, terus bayangkan Anda mendapatkan cara untuk mendapatkan kondisi terideal yang betul – betul Anda inginkan. Entah kapan dan di mana hal itu akan terjadi, imaginasi selalu menang! jadi hati-hati dengan imaginasi Anda! Pastikan Anda mengimajinasikan sesuatu yang kuat dan berdaya guna dan sesuai dengan kesehatan dan kebaikan tertinggi Anda.

Apa yang perlu di visualisasikan? Ini beberapa hal secara umum yang dapat membantu Anda untuk visualisasi agar anak Anda dan Anda bersinergi mencapai Anak yang rajin belajar dan juara, bahkan sukses dalam hal apapun :

  1. Minta anak Anda membayangkan dirinya yang begitu cerdas, bisa menyerap semua pelajaran dengan mudah, bisa menjawab semua soal ujian atau pertanyaan dari guru, setiap hari mempelajari hal baru dengan sangat menyenangkan dan begitu kreatif. Bayangkan juga ketika Anak Anda menjadi genius dan berprestasi, ia akan di kenal dan di puji banyak orang, semua orang semakin sayang, dengan Anda selalu menyayangi dan mendukung dia setiap waktu di dalam proses belajarnya yang mungkin kadang jenuh, Anda selalu ada untuk menyapa, mengusap kepalanya, bahkan memberikan pelukan. Minta ia membayangkan Anda juga bersedia belajar bersamanya, mendengarkan keluh kesahnya di sekolah, dan Anda menyemangati Anda. Minta anak Anda membayangkan betapa cerdas dan kreatifnya dia selalu cari cara untuk belajar lebih banyak dan mengatasi kebosannannya di kelas atau menghadapi guru yang membosankan, dengan ia tetap belajar banyak dan santai di kelas, betapa mahirnya anak Anda bicara pada guru dengan emosi yang positif, atau bahkan anak Anda yang mengajar di kelas? Wah.. pasti menyenangkan dan membanggakan sekali ketika Anak Anda bisa membuktikan bahwa ia lebih pintar dan lebih keren dari gurunya.
  2. Ingat sebagian besar teknik NLP adalah modelling, maka Anda dan anak Anda dapat menentukan bersama – sama role model yang ingin di contoh. Hati – hati bukan untuk membanding – bandingkan, atau di bicarakan terus menerus setiap hari, karena pikiran sadar Anda akan risih dan terusik. Jadi tentukan sekali saja. Bisa juga menempelkan di kamar Anda atau di rumah Anda kata – kata inspiratif tentang belajar. INGAT bukan untuk di bahas, namun ijinkan visualisasi itu terjadi masuk di pikiran Anda secara otomatis. Kalau di bahas, jadinya tidak masuk di trance, dan justru membuat blocking.
  3. Ketika melakukan visualisasi, perhatikan sisi ekologis yang berarti melihat dampak untuk lingkungan, dan fokus bagaimana cara membuat lingkungan berubah secara perlahan – lahan mengikuti keinginan Anda.
  4. Jika masih sulit membayangkan atau memvisualisasikan sesuatu Anda dapat mencoba melakukan arahkan pandangan Anda ke atas, menggunakkan prinsip ‘eye accesing cues’. Jika Anda ingin mendengarkan suara dibayangan Anda lebih jelas, arahkan pandangan Anda ke bagian kiri atas. Untuk lebih meyakinkan diri Anda bahwa Anda mampu melakukan dan mendapatkannya, Anda dapat lihat ke arah bawah kiri. Untuk merasakan semangat yang sangat kuat dan rasa ingin yang menggebu – gebu Anda dapat mengarahkan pandangan ke kanan bawah. Teknik ini memanfaatkan koneksi antara tubuh dan pikiran, terutama mata.

Maya Hugeng dan Yus Santos

Bersambung ke Visualisasi bagian 2.

 

PS

  1. Mungkin anda penasaran ingin belajar langsung secara profesional dengan waktu fleksibel dan personal anda bisa klik tautan ini

http://bit.ly/1Qhd5Rh

2.  apakah Anda ingin mendapatkan pembelajaran gratis NLPParenting? apakah anda ingin mednapatkan sharing dari banyak ahli mengenai NLP Parenting ? apakah anda ingin mendapatkan ilmu ilmu baru mengenai NLP Parenting ? Semua bisa anda dapatkan secara gratis dengan join grup WA NLPParenting, ini menginjak grup ke 3 . Caranya  kirim nama anda ke wa 0817774124

3. Anda bisa memvisualisasikan dengan teknik hipnosis guided imagery untuk keberlimpahan ke kekayaan anda. hanya Rp 200 rb anda bisa memprogram diri anda menjadi lebih kaya, lebih berlimpah dan menjadi money magnet. Pesan CD audio therapi ini sekarang send nama anda atau sms ke 081249999790 atau wa 0817774124.

cd kaya  MONEY magnet

 

 

About Yus Santos

Yus Santos, MM CCht, CI LM-NLP, MT -NNLP. Advanced International Quantum Touch. Mind Mastery With Firewalking Trainer, Clinical Hypnotherapist and Hypnosis Trainer. Parenting dan Pediatric Hypnotherapy Trainer NNLP Master Trainer Mendirikan Alfa Omega Center dan sekaligus menjadi direkturnya. Memegang profesional membership NGH, IACT, AHA, TICHER, Society of NLP, Sociaety Neo NLP Indonesia, IBH, Quantum Touch International, Longetovitologi International
Aside | This entry was posted in artikel hypnotherapy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s