Circle of Excellence Teknik Akses Resources untuk Ekselensi Giat Belajar

Pernahkah anda di suatu saat secara tiba tiba diminta untuk memberi sambutan, sementara anda tidak persiapan sama sekali bahkan tidak mengira kalau diminta untuk tampil. Kalau anda terbiasa dan hobi berat tampil di muka umum maka masalah seperti itu no problem.  Namun jika anda tidak terbiasa tampil di depan umum, maka permintaan itu ibarat bencana tanpa diundang, bisa jadi  muncul keringat dingin dan dag dig dug di dada anda. Tenang anda tidak sendirian di muka planet ini. Jutaan orang juga mengalami hal itu. Berita buruknya keadaan seperti ini akan terus berulang ulang, merupakan mimpi siang bolong bagi yang mengalaminya. Saya tidak tahu apakah anda termasuk salah satu dari jutaan orang yang menderita sindroma keringat dingin dada berdebar debar saat tampil .

Berita baiknya NLP punya banyak teknik untuk memecahkan masalah ini. Salah satu teknik untuk mengatasi hal ini adalah Circle Excellence. Apa jadinya  hanya dengan waktu 30 detik sampai 1 menit anda bisa mengatasi dag dig dug dan keringat dingin anda. Bahkan dengan teknik ini, Anda tidak saja bisa mengatasi ketakutan untuk tampil bahkan Anda bisa tampil dengan optimal, bisa bicara sangat memukau bahkan kepercayaan diri Anda melonjak sepuluh kali lipat. Asyik kan.

Circle Excellence merupakan teknik manifestasi dari anchor untuk mendapatkan state dari berbagai sumberdaya yang dimiliki manusia baik dari dirinya sendiri atau orang lain untuk mendapatkan outcome tertentu.

Misalnya anda mendapati anak anda selalu ogah ogahan belajar matematika, atau takut ketika diminta tampil di depan umum atau seringkali sudah belajar namun ketika maju untuk ujian selalu grogi tegang seolah semua yang dipelajari hilang dari kepalanya anehnya sekeluar dari ujian malah bisa lagi menjawab pertanyaannya.

Dengan melakukan circle excellence maka seseorang akan mendapatkan penampilan prima baik secara mental atau pikiran secara emosi dan secara fisik. Karena statenya berada pada kondisi puncak sesaat setelah mengakses sumber daya yang sesuai outcomenya, dan state puncak ini bisa dipakai untuk melakukan sesuatu seperti belajar matematika sehingga belajar matematika bagi anak menjadi sangat mengalir dan mudah. Otaknya dalam hitungan detik menjadi setajam silet, logikanya menjadi runtut .

Dengan melakukan circle excellence anak yang semula takut untuk diminta tampil dimuka umum, seolah menjadi sangat percaya diri berani melakukan publik speaking atau menyanyi di depan umum dalam keadaan apapun.

Sekedar sharing pengalaman di klinik terapi saya. Saya sering mendapati klien yang datang karena tidak percaya diri untuk di depan orang banyak baik dari kalangan anak anak dan kalangan dewasa. Setelah saya therapy dengan berbagai teknik tentu salah satunya menggunakan circle excellence hasilnya sungguh mencengangkan setidaknya bagi klien. Bagaimana tidak, klien yang sebelumnya malu malu , keringat dingin, sungkan ketika diminta tampil di depan umum. Anehnya setelah mendapatkan therapi  salah satunya menggunakan circle excellence,  100 persen mereka menjadi sangat berani dan pede.

Perubahan sangat drastis dalam hitungan menit. Ya mereka betul betul berubah. Bahkan tes untuk keberhasilan terapi  adalah mereka yang sebelumnya malu malu dan takut bahkan keringat dingin. Kini mereka berani melakukan public speaking atau menyanyi di jalan raya disaksikan orang orang yang lalu lalang baik dikenal atau yang tidak dikenalnya. Anehnya teknik ini hampir selalu berhasil. Bisa jadi  di benak orang orang  lain yang lalu lalang, bisa bisa dikira   agak gila kali ya atau ada yang mengira wow ini demonstrasi tapi kok sendiri ? Bahkan pernah ada polisi yang bertanya tanya apakah ini sedang demonstrasi ? mana surat ijinnya ?  dan secara sepontan klien menjawab dengan enteng ini latihan teater pak polisi, latihan pidato,  apa anda mau ikut latihan juga ? wkwkwkwkwkw pak polisi juga ikut nonton tidak jadi marah.

Dengan melakukan circle excellence ternyata  jalur ekselensi pada sistem saraf menjadi terbentuk dan jalur ini semakin kuat saat dilakukan berulang ulang sehingga anda yang melakukan circle excellence bisa dengan cepat mendapatkan ekselensi anda.

circle excellece

Bagaimana cara melakukannya ? inilah langkah langkahnya :

  1. Tentukan Outcome. Misalnya anda ingin menjadikan anak anda percaya diri dalam kemampuan belajar. Untuk mendapatkan outcomenya, tanyakan pada anak anda. Maukah kamu menjadi anak yang sangat percaya diri dalam belajar,bahkan segala kemampuan otakmu dan kemampuan pikiranmu menjadi sangat kuat ? jika dia mau lakukan langkah berikutnya. Jika dia tidak mau anda cari cara supaya dia mau.
  2. Pikirkan atau bayangkan dan rasakan sumber daya apa saja yang diperlukan untuk melengkapi Outcome yang diinginkan tersebut. Misal sikap pede, sikap daya pikir tajam, logika yang bagus, konsentrasi tinggi dalam belajar, hafal dan pengertian tinggi dalam belajar, kecepatan dan mengerti dalam membaca buku. Semua hal itu adalah sumber daya yang diperlukan untuk outcome belajar itu menyenangkan.
  3. Carilah pengalaman yang pernah dialami dimana sumber daya tersebut pernah dimiliki oleh anak anda. Tanyakan ke anak, tentu kamu pernah mengalami suatu keadaan di waktu lalu ketika kamu mengerjakan tes atau ulangan dengan mudah lancar dan nilaimu dapat bagus. Tentu kamu bisa masuk kembali ke pengalaman dimana kamu belajar menjadi sangat mudah sangat lancar.
  4. Jika memang tidak ada pengalaman pada dirinya cari satu model yang memiliki ekselensi yang sama dengan Outcome yang diinginkan. Jika kamu tidak pernah mengalami hal itu cari temanmu atau gurumu yang kamu anggap dia pintar dan rajin belajar sehingga belajar itu menjadi mudah karena temanmu atau gurumu itu punya otak yang unggul. Apakah kamu sudah bisa memunculkan sosok temanmu atau tokoh yang kamu idealkan itu ? jika belum bantu dia menemukan sosok tersebut.
  5. Buat lingkaran dan ciptakan gambaran mental bahwa di dalam lingkaran tersebut segala sumber daya yang diperlukan telah ada. Dalam lingkaran itu minta dia membayangkan dan merasakan dirinya yang penuh ekselensi Jadi poin (no 2) dan (no 3) minta anak menghadirkannya dalam lingkaran. Jika (nomor 2) dan (nomor 3) tidak ada pada dirinya, minta anak menghadirkan sosok dari model lain minta hadirkan bayangan (nomor 4). Sampai gambaran mentalnya sangat jelas. Gali hingga muncul suaranya, ada gambarnya, ada emosinya ada perasaannya. Minta anak menguatkan sosok yang ada dalam lingkaran tersebut (amplify).
  6. Minta anak melangkah masuk ke dalam lingkaran dan biarkan seluruh sensori inderawi (bayangan gambar, suara, fisik)  menangkap sumber daya yang diperlukan. Ikuti gerakan jika memang ada. Minta anak menguatkan semua sensasi dia rasakan secara associate, anak masuk dalam tubuh sosok dalam lingkaran imaginer itu.
  7. Selama dalam lingkaran minta anak memperkuat sensasinya (Amplify) bisa meminta anak, kuatkan dua kali lipat, empat kali lipat dst dan menjelang puncak sensasi buat Anchor. (mengenai anchor baca bagian lain tulisan ini tentang anchor.
  8. Kemudia keluar dari lingkaran.
  9. Lakukan breaking state, misalnya dengan menyanyi atau geleng geleng kepala atau loncat loncat.
  10. Cek dengan cara Picu Anchor apakah keadaan puncak bisa terakses jika belum lakukan dan ulangi lagi dan Lakukan Future Pacing atau minta anak membayangkan di masa akan datang ketika mau belajar sambil picu anchor anak apakah dia mendapatkan sesnsasi penuh sumberdaya dan pada keadaan puncak jika jawaban nya iya berarti circle excellence sudah berhasil jika belum berhasil anda bisa mengulangi langkah langkahnya 1, 2 ,3  dan seterusnya .

Itulah circle excellence dan dengan circle excellence anda bisa melatihnya untuk diri anda dan anak anak anda. Karena semakin sering anda melatih anda akan terbiasa dan kapabilitas anda dalam melakukan teknik ini akan menjadi semakin bagus. Biar bagaimanapun pengulangan adalah ibu dari segala kemampuan. Benar kata Bruce Lie, Knowing is nothing tahu saja sangat tidak berguna but Applying what You know is everything. Menerapkan yang anda tahu itulah hal yang terpenting. Satu jurus yang dilatih 1000 kali jauh lebih mematikan dibandingkan 1000 jurus yang hanya sebagai pengetahuan tidak pernah dilatih.

Salam hangat

Yus Santos

NB :

Artikel ini merupakan bagian dari seri  yang akan diatukan sebagai ebook dibagi gratis untuk anggota grup wa NLP Parenting, Bagi Anda yang ingin mengetahui dan ingin ikut pembelajaran NLP Parenting gratis di grup WA anda bisa send nama anda ke WA 0817774124 ini dibuka lagi grup ke 3 masih tersisa 54 nama. Dan kalau bagi anda merasa bahwa artikel ini berguna silahkan share.

artikel ini merupakan bagian dari tulisan sebelumnya klik :

http://bit.ly/1P3Tr9B

Bagi Anda yang ingin lebih serius belajar NLP dari level awal hingga jadi trainer NLP silahkan klik

http://bit.ly/1PjHvSN

About Yus Santos

Yus Santos, MM CCht, CI LM-NLP, MT -NNLP. Advanced International Quantum Touch. Mind Mastery With Firewalking Trainer, Clinical Hypnotherapist and Hypnosis Trainer. Parenting dan Pediatric Hypnotherapy Trainer NNLP Master Trainer Mendirikan Alfa Omega Center dan sekaligus menjadi direkturnya. Memegang profesional membership NGH, IACT, AHA, TICHER, Society of NLP, Sociaety Neo NLP Indonesia, IBH, Quantum Touch International, Longetovitologi International
Aside | This entry was posted in artikel hypnotherapy. Bookmark the permalink.

2 Responses to Circle of Excellence Teknik Akses Resources untuk Ekselensi Giat Belajar

  1. Gina says:

    Teknik yang menarik pak yus, tapi masih banyak yang perlu saya pelajari dari teknik ini. Bisakah teknik ini diterapkan untuk anak sekolah menengah pertama?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s