Tujuh Langkah NLP menjadikan Anak Anda ketagihan Belajar Bagian 1 State

Jika Anda menjadi grup di WA mengenai parenting inilah rangkuman posting di awal awam minggu pertama grup dan seterusnya.

silahkan menikmati.

IMG00087-20120427-1624

Bagian 1 State

Perkenalkan nama saya Yus Santos, saya seorang profesional therapist dan personal coach yang selama 10 tahun terakhir ini melakukan terapi menggunakan hypnotherapy, NLP , egos state therapy.

Dari banyak kasus anak anak yang saya dapatkan, ternyata kasus anak anak malas belajar, menunda belajar bahkan tidak mau belajar merupakan kasus tertinggi yang saya tangani.

Memang jika kasus itu patologis, bisa jadi anak anda punya trauma masal lalu, luka batin, pernah mengalami permasalan psikologis yang belum selesai di masa lalu, ada gangguan emosional atau ada gangguan belajar. Segera bawa anak anda pada ahlinya.

Namun bisa jadi anak anda malas malasan tanpa gangguan pikiran dan emosi maka tujuh jurus yang saya bagikan akan bisa sangat membantu anak anda menjadi ketagihan belajar.

Apa saja sih tujuh jurus itu ?

  1. State
  2. Momentum
  3. Belief sistem melalui Reframing
  4. Metapgrogram
  5. Strategi Belajar
  6. Behavior generator Pupuk dengan hypnosleep
  7. Mental Rehearsal dan Future Pacing

Saya akan bahas satu persatu dari tujuh langkah ini.

  1. Bawa anak Anda pada state yang tepat.

Pernahkah anda mengalami sulit sekali meminta anak anda untuk memulai belajar ?Jangankan langsung mau mengambil buku, diminta mengambil buku, ada saja alasan yang dikatakannya.

  • Sebentar lagi
  • Nanti dulu
  • Masih lelah
  • Kepalaku pusing
  • Iya iya tanpa beranjak dari tempat semula

Saat mengalami hal ini ada banyak orang tua dengan segala cara, meminta anak anda untuk belajar.  Ada yang menggunakan cara baik baik merayu ayo belajar nak ! Ada yang mengeluarkan .dengan kalimat halus ada yang memaksa, ayo bangun dan belajar ada yang membentak nada tinggi sambil marah marah. Mungkin saja anak anda beranjak belajar meski mukanya cemberut. Atau bisa jadi sambil tetap malas malasan mau mengambil buku atau duduk malas malasan meski sudah di meja belajarnya.

Lalu ketika anda sebagai orang tua menghadapi kondisi seperti di atas, apa sih yang seharusnya dilakukan ????

Dalam NLP awal untuk melakukan sesuatu adalah state.

Saat state seseorang juga anak anda tidak pada konsisi yang tepat maka dia akan sulit melakukan sesuatu termasuk belajar. Kenapa karena dia masih mempertahankan state semula. Bisa jadi state saat nonton TV atau state malas malasan. Saat seseorang sedang berada pada state semula dia akan sulit melakukan sesuatu yang lain.

Maka langkah pertama yang harus anda lakukan adalah Ubah state anak anda atau di NLP dikenal dengan istilah break state.

Sebelum anda melakukan break state , anda mungkin bertanya tanya apakah state itu, betul kan ? bagi yang sudah pernah belajar NLP tentu tidak asing dengan istilah state, namun bagi yang belum tahu dan ingin tahu berbagai teknik dan jurus jurus NLP, anda bisa klik www.yussantos.com saya menulis berbagai tip dan kiat praktis NLP yang bisa anda gunakan sehari hari.

States secara sederhana bisa dikatakan sebagai Kondisi atau keadaan (fisik dan mental/emosi) dalam suatu kurun waktu tertentu.

Jadi ada 3 keadaan dalam diri anda saat kita bicara state. Yaitu

  1. Keadaan pikiran atau mental
  2. Keadaan emosi
  3. Keadaan fisik                                                                                                                                     Tiga hal tersebut adalah komponen utama dalam state.

Kembali ke anak anda saat dia asyik bermain game dia ada pada state pikirannya ada pada game bisa jadi pikirannya sedang fokus bagaimana memenangkan game atau bagaimana dia mengatasi kegagalan dalam permainan yang sedang dia hadapi. Saat yang sama pula emosi yang menyertai dirinya adalah emosi yang terkait game bisa jadi dia gembira karena berhasil melewati level tertentu atau kecewa karena selalu gagal di level tertentu, manifesatasi emosinya bisa bilang yes yes yes alias senang atau sebaliknya umpatan umpatannya marahnya keluar semua. Tentu saja fisiologi atau segala hal mengenai fisiknya juga berubah. Saat seseorang larut dalam state tertentu dia akan terpacu melakukan aktivitas itu terus menerus.

Sama halnya ketika anak anda sedang larut dalam state malas malasan akan sulit untuk diminta belajar. Kalautoh dia beranjak ke meja belajar biasanya karena terpaksa atau tepatnya anda paksa misal dengan kekerasan, Anak pun akan sulit belajar dan masih terbengong bengong di meja belajar karena state yang ada di kepalanya adalah state bermalas malasan.

Maka sebelum mengubah aktivitas misal dari malas malasan ke aktivitas belajar yang pertama kali anda lakukan adalah break state malas malasan. Lakukan berbagai cara untuk mengubah state anak tersebut. Ubah dulu statenya baru minta anak anda melakukan aktivitas belajar.

Jangankan anak anda saat sedang malas malasan atau asyik main game lalu diminta belajar. Diri anda saja saat sedang lelah dan tidur lalu seseorang meminta anda melakukan sesuatu yang mengganggu tidur anda, tentu anda juga malas malasan melakukannya, ayo ngaku ? betul kan.

Inilah berbagai state yang mungkin anda alami.  Apakah saat Anda terbangun pagi, merasa penuh kegembiraan, atau malah letih lesu atau gelisah bahkan ingin marah marah,?

Tahukah anda, state  tidak muncul karena sesuatu di luar Anda. State muncul dari dalam diri Anda. Dengan menyadari hal ini maka diri andalah yang mengubah state anda bukan sesuatu dari luar diri anda. Anda punya kekuatan mengubah state anda, setiap manusia bisa mengubah state yang dialaminya.

Semakin Anda mempertimbangkan kondisi emosional semakin Anda menyadari bagaimana emosi tersebut dapat menghambat atau justru meningkatkan level kehidupan anda pada saat tertentu.
State sangat mempengaruhi orang  untuk melakukan hal hal negatif bahkan bertindak lebih buruk. Anda tahu murid murid di sekolah ,

Kebosanan adalah salah satu faktor utama yang mencegah siswa dari belajar. Banyak orang mengalami Kecemasan dalam situasi tertentu, nervous saat diminta melakukan bicara di depan teman temannya. Atau bisa jadi dada berbebar ketika diminta bernyanyi di depan umum.

State bisa juga dipengaruhi lingkungan sekitar anda berada. Ketika anda berada di lingkungan orang orang yang cemberut , pesimis  dan banyak mengeluh. Bisa jadi situasi anda atau state anda selalu pada state yang tidak nyaman , anda bisa terpengaruh untuk berpikir pesinmis dan suka mengeluh. Padahal anda tahu anda orang yang tangguh, namun karena situasi anda berada pada lingkaran orang orang pesimis andapun bisa terpengaruh.

Sebaliknya ketika anda berada di antara orang-orang yang tersenyum, optimistik dan gembira tentu akan  membuat Anda merasa lebih baik karena ada pada state gembira Jika Anda tersenyum pada seseorang dan mereka tersenyum kembali, perasaan Anda sendiri terbawa pada diri anda, bukan? Jika Anda tidak terbiasa dengan hal itu, mulai sekarang anda bisa perhatikan diri anda emosi anda semakin membaik dari hari ke hari itu lah state anda

Kini  anda tahu, state bisa diubah.  State murapakan sumber daya yang baik dalam melakukan sesuatu. Maka sebelum melakukan sesuatu , termasuk meminta anak anda belajar. Yang pertama dilakukan adalah ubah statenya dahulu. Karena dengan state yang tepat kapabilitas seseorang bisa meningkat drastis. Demikian juga anak anda ketika satenya tepat kemampuan belajarnya juga akan meningkat cepat.

Cara Mengubah state ada banyak cara mengubah state, di sini saya menawarkan tiga jurus untuk mengubah state yaitu :

  1. Ubah Gerak
  2. Ubah Fokusnya
  3. Ubah self talk

Cara pertama ubah gerak. Saat anda ingin mengubah state anak anda hal pertama yang anda lakukan adalah ubah gerak, Menurut salah satu guru saya Anthony Robbin emosi dipengaruhi oleh gerakan. Our emotion is created by our motion.

Lakukan berbagai hal sehingga anak anda berbegarak dengan cara berbeda, misal kagetkan dengan suara anda lalu minta dan ajak bergerak bisa loncat bisa putar bisa gelengkan kepala bisa kagetkan dengan sesuatu sehingga anak anda mengubah gerakan.

Segera ubah gerakan saat dia pada state lama, lakukan perubahan gerak secara total. Ada penelitian neroscience saat anda melakukan gerakan yang berbeda secara radikal maka akan mengubah zat xat kimia dalam sistem nervous.

Pastikan anda mendapatkan perubahan ekspresi wajah andak anda, pastikan anda juga meminta terus bergerak sehingga posturya berubah. Juga minta untuk menarik nafas panjang dan dalam.

Cara kedua dengan ubah fokus

Mengubah fokus bisa dilakukan dengan berteriak keras atau anda bisa bunyikan sesuatu misal musik terntu yang semangat atau minta anak berteriak keras. Otomatis akan mengubah suara internal yang ada pada diri anak.

Cara lain mengubah fokus adalah arakkan pandangan mata ke aras berbeda dengan state sebelumnbya. Alihkan perhatiannya sehingga bola mata bergerak bisa ke kanan ke kiri ke atas ke bawah. Dengan cara ini fokus internal anak berubah. Karena dengan bola mata bergerak ke sana ke mari kortek dalam otak merubah fokus visualnya.

Bicaralah mengenai tema tema yang disuakai anak anda maka fokus anak anda akan berubah meninggalkan state yang lama dan segera beranjak pada state yang dia fokuskan.

Ubah dialog internal

Saat ada pada state tertentu seseorang melakukan dialog dengan dirinya sendiri juga anak anda melakukan dialog dengan dirinya sendiri. Sebetulnya dengan melakukan perubahan gerakan gan fokus tentu akan mengubah dialog internal yang ada pada seseorang,

Ajukan pertanyaan apa untungnya saat kamu berubah melakukan titik titik saat anak memikirkan sesuatu segera beri saran saran yang memberdayakan. Kasih makna yang positif dan ulang ulang. Maka makna positif itu akan memberdayakan pikiran bawah sadar anak.

Anda tidak perlu melakukan ketiga tiga nya saat mengubah state. Yang terpenting ketika anda sudah mendapatkan state yang berbeda ciri cirinya ada perubahan ekspresi ada perubahan gerakan ada perubahan suara, maka state anak anda sudah berubah.

Setelah state anak anda berubah maka anda bisa melakukan langkah berikutnya.

Ingat ingat tidak ada anak yang malas belajar yang ada adalah anak tidak berada pada state yang tepat untuk belajar. Jika anak anda sudah ada pada state belajar yang efektif penuh sumber daya maka dia akan larut sepenuhny menikmati belajar.

Langkah pertama yaitu mengubah state adalah langkah awal yang sangat powerful untuk membawa anak anda menjadi ketagihan belajar.

Salam hangat

Yus santos

PS

Lalu bagaimana langkah berikutnya ?

saya akan membahas di tulisan saya berikutnya link nya  http://bit.ly/1M9txQI

dan apakah anda merasa bahwa tulisan ini berguna ? jika iya bagikan tulisan ini pada sanak keluarga anda dengan share tautan ini.

Anda ingin ikut dan join kelas NLP Gratis segera join grup wa NLP Parenting gratis dengan cara kirim nama anda ke wa 0817774124 sekarang juga. Masih tersedia 48 orang di grup 3.

5

Anda mengingikan CD Hypnosis seri pelajar, yang memberikan sugesti anak anda menjadi rajin belajar dan mental juara.

Inilah reprogram anak anda punya semangat belajar tinggi. Dapatkan segera dengan  harga Rp.350.000 kini hanya Rp 200.000 plus onkos kirim send wa 0817774124 atau hp 081249999790

About Yus Santos

Yus Santos, MM CCht, CI LM-NLP, MT -NNLP. Advanced International Quantum Touch. Mind Mastery With Firewalking Trainer, Clinical Hypnotherapist and Hypnosis Trainer. Parenting dan Pediatric Hypnotherapy Trainer NNLP Master Trainer Mendirikan Alfa Omega Center dan sekaligus menjadi direkturnya. Memegang profesional membership NGH, IACT, AHA, TICHER, Society of NLP, Sociaety Neo NLP Indonesia, IBH, Quantum Touch International, Longetovitologi International
Aside | This entry was posted in artikel hypnotherapy. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s