The Science of Firewalk

New Psychological Aprrove in Training

Yus Santos, MM CHt

Penggunaan kekuatan pikiran merupakan aras baru dalam training, yang tak lain merupakan new psichological approve. Suatu pendekatan baru psikologi dimana peserta memfokuskankeberaniannya untuk menguasai rasa takut melalui jakan di atas Api. Fantastis tanpa magic tanpa trik seluruh peserta riang gembira melalui api

Firewalk Experience

Pengalaman berjalan diatas api sangat berguna aplikasinya dalam mengatasi rasa ketakutan, menghilangkan kebiasaan buruk dan menghancurkan penghalang diri untuk maju menuju keberhasilan. Adalah salah satu bagian dari berbagai sesi dalam Mind Mastery with Firewalk experience. Suatu Mind-inbond and outbond , yang sudah kami laksanakan lebih dari tigahpuluh angkatan dari usia muda setingkat SMA sampai dengan yang nenek nenek (peserta tertua kami 72 tahun). Dan terbukti sangat aman, bersifat ilmiah tanpa magic dan trik. Sudah digunakan di berbagai negara maju USA, Canada, Berbagai Negara Eropa.

Kini mulai masuk ke Indonesia, dan semakin banyak instansi maupun corporate yang memanfaatkan workshop firewalking guna meningkatkan kinerja dan mendapatkan performa puncak yang sangat motivasional.

Latar Belakang Sejarah :

Ritual berjalan di atas bara api telah dilakukan manusia sejak ribuan tahun lalu. Sejarah mencatat praktik seperti ini paling awal dilakukan pada 1.200 sebelum Masehi di berbagai tempat.. Di desa Trasian, dulu merupakan inisasi dimana pemuda yang sudah dianggap dewasa harus berjalan di atas api untuk menandai bahwa seorang pemuda sudah dianggap mandiri. Dalam sejarah Trasian ini siasi berjalan di atas api ada sejak abad XII.

Tradisi berjalan diatas apai ini juga nampak di berbagai kebudayaan dan suku, termasuk di China sebagai perwujudan kekuatan ilmu beladiri dan penyembuhan, di India untuk ritual kesucian serta ritual keagamaan. Di berbagai tempat termasuk di Indonesia, ada beberapa suku yang menggunakan ritual berjalan-menari di atas bara api untuk intensi tertentu. Termasuk perayaan suka cita di Hawai sejak adab XIX memunculkan tradisi berjalan di atas api yang bertahan hingga saat ini.

Namun secara modern baru Tolly Burkan, yang dikenal sebagai modern Firewalking Father , pada tahun 1978 mengadakan workshop / seminar jalan di atas api pertama kali di USA, diteruskan oleh John Maisel dan Anthony Robbins

The Science of Firewalk

Prof Fisika Profesor Fisika David Willey tidak menggunakan kapur dan papan tulis untuk menjelaskan termodinamika. Tapi, ia berjalan di atas bara api dengan kaki telanjang, keberanian yang sering dipertunjukkan di berbagai pelatihan motivasi.

“Tidak ada yang lebih menarik para mahasiswa daripada pertunjukan yang seolah-olah dapat membunuh saya,” kata Willey yang merupakan penerima penghargaan terbaik dalam pengajaran dari Presiden AS di Universitas Pittsburgh, Johnstown. Seperti diduga, ia tidak mengalami luka sedikit pun karena melakukannya dengan berjalan cepat.

Mengapa Berjalan di atas Bara Api Aman ?

Para ilmuwan telah menemukan penjelasan ilmiah mengapa berjalan di atas bara api tidak melukai kulit kaki sejak 1930-an. Dewan Riset Fisika Universitas London menemukan bahwa rahasianya ada di kayu dan bukan kekuatan gaib atau supernatural.

Bara api yang digunakan pada upacara umumnya dari kayu yang dibakar di hingga membara. Bara yang terbakar bisa mencapai suhu 538 derajat Celcius. Willey sendiri berjalan di atas bara yang suhunya mencapai 982 derajat Celcius.

Namun, kulit kaki bisa tahan terhadap panas sebesar itu karena hanya sebagian kecil panas yang mengalir dari bara ke kulit. Meskipun terbakar, kayu tidak akan sepanas itu dan masih bersifat sebagai konduktor (penghantar panas) yang buruk. Dalam keadaan normal, kayu merupakan isolator yang baik sehingga tidak menghantarkan panas. Selain itu lapisan apu yang ada pada kayu juga menahan panas menjalar.

Meski kayu bukan penghantar panas yang baik, meski begitu api tetap api selalu ada resiko, makanya dalam workshop firewalk diperlukan intruktur yang piawai untuk memandu peserta sehingga bia dengan aman menyeberang api.

Konduksi merupakan bentuk perpindahan panas dari suatu material ke material lain yang lebih dingin. Pada proses tersebut, getaran molekul-molekul material yang panas akan bertubrukan dengan molekul-molekul yang lebih dingin dan memindahkan energinya. Peredaran darah ibarat radiator mobil, dengan kita bergerak maka suhu bara dialihkan oleh gerak peredaran darah.

Telapak kaki punya kekuatan dibandingkan kulit yang lain. Namun, kulit kaki bisa tahan terhadap panas sebesar itu karena hanya sebagian kecil panas yang mengalir dari bara ke kulit, Selain itu kulit telapak kami punya kekuatan dan ketebalan yang lebih baik dibanding bagian tubuh yang lain. Berjalan dengan cepat di atas bara juga mencegah kulit melepuh jika caranya benar. Saat salah satu kaki menapak di bara kayu, kaki lainnya punya kesempatan untuk dingin kembali saat melayang di udara. Permukaan kulit mati juga menjadi pelindung tambahan bagi kulit di bawahnya.

Teknik dan Cara Berjalan

•Tahu posisi Anda di mana.

•Tahu kemana Anda akan menuju.

•Punya rencana melakukan apa

•Melakukan action sesuai rencana

•Harapkan terbaik

•Syukuri dan rayakan hasilnya

Esensi Workshop Firewalking

Workshop ini sebetulnya untuk memancing pikiran bawah sadar supaya aktif dari tidurnya. Jalan di atas api hanyalah sebuah metafora (perlambang) yang nantinya digunakan sebagai pegangan setiap peserta bahwa dirinya bisa.Yang paling penting adalah bagaimana menaklukkan rasa takut. Menaklukkan rasa takut sangat berguna dalam kehidupan sehari-hari.

Firewalk digunakan sebagai magic moment, kita ingat seumur hidup karena kita telah menaklukkan ketakutan terhadap panasnya api. Dengan dwemikian pengalaman ini menjadikan setiap peserta mengetahui bahwa menaklukan rasa takut dimulai dari pikiran dan berani bertindak.

Basic Science : Kaitan Firewalk dan Ilmu Pemrograman Pikiran

Dalam workshop kami, bukan sekedar bagaiman peserta bisa menaklukan ketakutan dengan berjalan di atas api. Inilah pendekatan baru psikologi, bagaimana mengkombinasi berbagai ilmu pikiran dengan langsung praktek.Peserta langsung bisa mengaplikasikan bagaimana ilmu ilmu modern untuk melakukan kinerja puncak dengan menguasai bahasa pemrograman pikiran. Ilmu ilmu itu sudah dikenal lama di negara barat Eropa dan USA, yakni :

NLP – Neuro Linguistic Programming

Diciptakan oleh John Grinder dan Richard Bandler USA. Teknologi ini telah berhasil membantu banyak orang sukses luar biasa mengatasi kebiasaan buruk sampai mencapai prestasi puncak, termasuk bagaimana menjadi kaya dan bahagia. Digunakan oleh orang sukses berbagai kalangan dari pemimpin negara sampai para atlit olimpiade dunia.

NAC (Neuro Assosiation Conditioning)

Anthony Robbins telah menciptakan teknik revolusioner dalam merubah kehidupan manusia lewat pelatihan yang mengagumkan, termasuk melalui firewalk experience.

Anthony Robbins dijuluki sebagai Pelatih Sukses Nomor 1 dunia, yang menjadi pelatih dari Bill Clinton, George Bush, Lady Diana, Andre Agassi, Team Olimpiade AS, Tentara Amerika, Fortune 500 CEOs

Psychocibernetics

Diciptakan oleh Maxwell Maltz,MD.FICS sekitar tahun 1960-an. Ilmu pengetahuan orisinil tentang pengembangan diri guna menuju kesuksesan. Dengan menghidupkan mekanisme sukses otomatis yang sudah terdapat pada diri manusia.

Hypnosis-Hypnotherapy-Mind Reprograming

Merupakan salah satu tool yang bisa dengan cepat bisa mengakses sub-conscious serta me-manage-nya. Sehingga potensi dahsyat manusia yang terpendam dalam pikiran bawah sadar dapat dengan mudah diberdayakan. Banyak sekali tokoh tokoh hypnosis-hypnotherapy modern yang mewarnai kehidupan dunia diantaranya : James Braid, Milton H Erickson , Ormond McGill dll. Apklikasi hypnosis tidak saja untuk hiburan namun juga therapy, motivation untuk berprestasi dan get better life.

Benefits:

Dari berbagai workshop baik tingkat pelajar SMA dan mahasiswa serta berbagai profesi mulai guru,karyawan berbagai posisi, professional ,marketer,motivasator maupun pengusaha, Menuliskan manfaat dalam testimony mereka beberapa benefit yang mereka buat dapat ditarik benang merah seperti di bawah ini

Menjadi Master of Change dalam hidup para peserta

Memiliki Keyakinan yang tak Tergoyahkan, Memperbaiki kepercayaan diri dan komunikasi

Mampu mencapai puncak kinerja secara maksimal

Mampu menciptakan Perubahan tingkat keberhasilan 98%

Memiliki sikap yang fleksibel dalam mencapai goal

Termotivasi menjadi pribadi yang excellence

Termotivasi mencapai Goal yang telah ditetapkan

Mampu berkomunikasi secara optimal

Memiliki Strategi & Tindakan yang Membawa Hasil Luar Biasa

Bagaimana Mengubah Ketakutan menjadi Kekuatan

Berani menghadapi segala tantangan dan melawan ketakutan

Mampu meng-set bawah sadar untuk menghilangkan kebiasaan buruk (menghilangkan rasa malas, tidak PeDe,kebiasaan merokok, suka marah marah dll)

Maka jika Anda belum pernah merasakan workshop Mind Mastery With Firewalking, tidak ada salahnya jika take action untuk merasakan bagaimana dahsyatnya berjalan di atas api.

Yus Santos, MM CHt adalah Chairman dari Alfa Omega Center

Merupakan trainer Firewalk dan Hypnotherapy.

Alamat Ruko Mangga Dua Blok A7-3

Jln Jagir Wonokromo 100 Surabaya telp 031-8417786 , 08165435842 faks 031.8417793. yussantos@hotmail.com facebook yussantos@yahoo.com

About Yus Santos

Yus Santos, MM CCht, CI LM-NLP, MT -NNLP. Advanced International Quantum Touch. Mind Mastery With Firewalking Trainer, Clinical Hypnotherapist and Hypnosis Trainer. Parenting dan Pediatric Hypnotherapy Trainer NNLP Master Trainer Mendirikan Alfa Omega Center dan sekaligus menjadi direkturnya. Memegang profesional membership NGH, IACT, AHA, TICHER, Society of NLP, Sociaety Neo NLP Indonesia, IBH, Quantum Touch International, Longetovitologi International
This entry was posted in Artikel Mind Mastery, Firewalking,Hypno-NLP, Mind Empow, Public and Corporate Training and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

One Response to The Science of Firewalk

  1. Pak Yus

    Apa ada metoda lain yaitu berjalan diatas pecahan kaca ?

    Salam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s